Ini “Bocoran” Menteri yang Bakal Dipertahankan Jokowi

0

PolitikToday – Analis Politik Arif Nurul Iman menilai, Presiden okowi bakal mempertahankan beberapa menteri dalam kabinet kerjanya jilid I.

“Kemungkinan menteri Jokowi periode kedua masih ada beberapa menteri yang dipertahankan,” ujar Arif, Kamis (10/10/2019).

Arif juga memprediksi beberapa menteri kabinet kerja jilid I yang akan dipertahankan. Mereka akan masuk kabinet kerja menteri jilid kedua di bawah pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

“Beberapa menteri yang kemungkinan bertahan atau hanya geser posisi kemungkinan Mensesneg Pratikno, Menseskab Pramono Anung, Menaker Hanif Dhakiri, Menkeu Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri PUPR Basuki, Menteri Perikanan Susi Pudjiastuti, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi,” tuturnya.

Arif menilai Jokowi sengaja mempertahankan para menteri ini menimbang alasan kinerja pada periode kemarin dianggap baik bisa menerjemahkan keinginan Jokowi.

“Kedua, alasan politis menteri yang bertahan disamping karena kinerja baik tapi juga memiliki sandaran politik baik parpol maupun kekuatan politik lainnya yang ada di sekeliling Jokowi,” jelasnya.

Terkait, pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno, menyarankan adanya uji fit and proper test untuk memilih menteri. Sebab selama ini penunjukan menteri berdasarkan kesepakatan partai politik pendukung dan keprofesionalan kandidat.

“Selama ini enggak pernah ada uji kelayakan untuk jadi menteri. Segala sesuatunya ditentukan oleh dua hal, yakni orang partai dan profesional yang dianggap punya kompetensi luar biasa,” ujarnya.

Namun, kata Adi, apabila memang memungkinkan ada uji kelayakan, bisa menggunakan

“Jika masih memungkinkan uji kelayakan penting dilakukan biar tak salah pilih menteri. Semacam fit n proper test pejabat publik lainnya. Biar rakyat ikut menilai,” jelas Adi.

Tak hanya itu, penilaian untuk memilih menteri juga perlu turut melibatkan rakyat. Sebab kekuatan rakyat sangat penting bagi pemerintahan Jokowi ke depan.

Baca juga  Zig Zag Rekonsiliasi Ala Amien Rais

“Sangat penting, karena salah satu kekuatan Jokowi adalah dukungan rakyat,” jelasnya.

(rt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here