Politisi adalah Pelayan

0
quote Charles de Gaulle

Charles André Joseph Marie de Gaulle  (lahir di Lille, 2 Januari 1890 – meninggal di Colombey-les-Deux-Églises, 9 November 1970 pada umur 80 tahun), yang dikenal dengan Jéndéral de Gaulle adalah pimpinan militer dan negarawan Prancis.

Sebelum Perang Dunia II, dia dikenal sebagai penyusun taktik tank dan merupakan pendukung penggunaan kendaraan lapis baja dan pesawat tempur. Dia adalah pemimpin kelompok pejuang Prancis Merdeka dalam Perang Dunia II dan merupakan kepala pemerintahan pelarian Prancis pada 1944 – 1946.

Dipanggil untuk masuk pemerintah pada tahun 1958, dia menginspirasikan terbentuknya konstitusi baru dan merupakan presiden pertama dari Republik Kelima Prancis antara tahun 1958 sampai 1969. Ideologi politiknya dikenal sebagai Gaullisme, yang akan sangat berpengaruh dalam perkembangan politik Prancis selanjutnya.

Namanya diabadikan sebagai nama salah satu bandar udara yaitu Bandara Internasional Charles de Gaulle (di Roissy, sebelah utara) yang menghubungkan kota Paris dengan kota-kota lainnya

Baca juga  Benarkah Indonesia Negara Tanpa "Kepala"

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here