Said Aqil Dukung Pemilihan Presiden Melalui MPR Mengacu kepada Munas Alim Ulama 2012

0
Said Aqil: Pemilu Sudah Usai, Mari Kita Kembali Bersatu

PolitikToday– Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mendukung wacana pemilihan presiden kembali melalui Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) seperti dahulu. Tidak lagi dipilih langsung oleh masyarakat yang berlaku sejak 2004 hingga kini.

“Pihaknya mendukung pemilihan presiden melalui MPR berdasarkan hasil Musyawarah Nasional Alim Ulama pada 2012. Kala itu, Musyawarah dihelat di Pondok Pesantren Kempek, Cirebon, Jawa Barat,” kata Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj kepada wartawan.

Dia mengklaim para kiai dan ulama NU menganggap pemilihan presiden secara langsung menimbulkan ongkos politik dan ongkos sosial yang tinggi.

“Kemarin baru saja betapa keadaan kita mendidih, panas, sangat mengkhawatirkan. Ya untung tidak ada apa-apa. Tapi apakah lima tahun harus kaya gitu? Itu suara-suara para kiai pesantren yang semua demi bangsa demi persatuan. Tidak ada kepentingan politik praksis, tidak,” terangnya.

Munas Alim Ulama PBNU 2012 menilai penyelenggaraan pilkada secara langsung memiliki tujuan yang mulia karena melibatkan masyarakat. Kepala daerah yang dipilih masyarakat setempat diharapkan memahami betul problematika di wilayah yang dipimpinnya. Tujuan mulia itu disebut sebagai kemaslahatan atau maslahah.

(YT)

Baca juga  Ma'ruf Sentil Soal People Power: Belum Dewasa Berdemokrasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here