Ekonomi Melambat, Ramalan Rizal Ramli Menjadi Kenyataan

0
rizal ramli

PolitikToday – Ramalan Rizal Ramli terkait ekonomi Indonesia di penghujung 2019 yang melambat menjadi kenyataan. Prediksi mantan Menko Perekonomian ini didasarkan pada kebijakan pemerintah.

Sejak sembilan bulan lalu, Rizal Ramli memprediksi pertumbuhan ekonomi akan nyungsep di akhir 2019. Hal tersebut disampaikannya pada acara deklarasi alumni Perguruan Tinggi se-Sumsel pada tanggal 31 Maret 2019.

Menurutnya, kebijakan ekonomi makro yang diterapkan pemerintah salah arah dan mengakibatkan ekonomi mentok di 5 persen dan cenderung jatuh ke 4 persen.

“Ekonomi sedang melambat, budget malah dipotong, pajak diuber, itu bikin ekonomi nambah nyungsep,” katanya.

Di lain sisi, menurutnya tidak ada gebrakan atau strategi baru dari Menteri Keuangan Sri Mulyani yang mendapat predikat menteri terbaik dunia.

Ramalan Rizal Ramli menjadi kenyataan. Sekuritas-sekuritas besar asing memproyeksikan bahwa perekonomian Indonesia akan tumbuh di bawah 5 persen pada tahun 2019.

JPMorgan Chase memproyeksikan ekonomi Indonesia tumbuh 4,9 persen pada tahun ini. Sementara itu, Deutsche Bank menaruh proyeksinya di level 4,8 persen.

(bs)

Baca juga  Ekonom Senior Faisal Basri Sebut Perekonomian Indonesia Ganjil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here