Jokowi Absen Dalam Peringatan Hari Antikorupsi di KPK

0
Maruf-Amin-Hadiri-KPK korupsi

PolitikToday – Presiden Joko Widodo (Jokowi) absen dalam peringatan peringatan Hari Antikorupsi se-Dunia (Hakordia) di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2019). Jokowi lebih memilih menghadiri pagelaran pentas #PrestasiTanpaKorupsi di SMK Negeri 57 Jakarta, Taman Margasatwa, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Jokowi berkilah sudah mewakilkan undangan KPK itu ke Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Lagi pula, Jokowi mengaku, setiap tahun dirinya selalu hadir di acara Peringatan Hari Antikorupsi Se-Dunia yang digelar KPK.

“Nggak, Setiap tahun saya hadir. Setiap tahun saya hadir. Hanya ini kan Pak Maruf belum pernah ke sana,” ujar Jokowi di SMK 57 Jakarta, Senin (9/12/2019)

Karena itu, pada peringatan Hakordia kali ini, Jokowi memberi kesempatan kepada Maruf Amin yang baru menjabat sebagai Wakil Presiden.

“Ya bagi -bagi lah masa setiap taun saya terus. Ini Pak Maruf belum pernah ke sana. Silahkan Pak Maruf, saya di tempat lain,” katanya.

Sementara itu, dalam Hakordia di KPK, Ma’ruf Amin mengapresiasi kinerja KPK yang sudah berhasil menyelamatkang uang negara kurang lebih Rp60 triliun dari serangkaian aksi pencegahan.

“Pemerintah menyampaikan apresiasi kepada lembaga KPK, bahwa dari aksi pencegahan yang dilakukan, KPK berhasil menyelamatkan potensi keuangan negara sebesar kurang lebih Rp60 triliun, dari berbagai kegiatan,” kata Ma’ruf di lokasi.

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu optimis upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi pada tahun-tahun ke depan akan berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari semakin baiknya skor Indeks Persepsi Korupsi (IPK).

“Transparency International Indonesia (TII) merilis skor Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia Tahun 2018 mengalami kenaikan 1 poin dibandingkan dengan tahun 2017, yakni dari skor 37 menjadi 38,” ujarnya.

Baca juga  Gibran Maju di Solo, Wanita Ini Siap Jadi Pasangannya

(rt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here