Muktamar PPP Masih Setahun Lagi, Nama Kandidat Calon Ketum Sudah Mengapung

0
mukernas PPP 2019

PolitikToday –  Mukernas ke-5 PPP memutuskan untuk mempercepat pelaksanaan Muktamar IX. Muktamar yang seharusnya digelar 2021 akan dilaksanakan usai Pilkada serentak 23 September 2020.

Meskipun muktamar masih tahun depan, sudah ada beberapa nama kandidat yang mencuat. Menurut Wasekjen PPP Achmad Baidowi alias Awiek, ada lima kandidat muncul berdasarkan aspirasi kader dan pengurus daerah.

Nama kandidat itu adalah, Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, Sekjen PPP Arsul Sani, politikus senior Akhmad Muqowam, Waketum PPP Amir Uskara, dan mantan Waketum PPP yang kini jadi Wantimpres Mardiono.

“Satu, Pak Suharso Monoarfa selaku Plt Ketum, yang kedua bapak Sekjen bapak Arsul Sani yang ketiga bapak Muqowam, yang keempat bapak Waketum, Ketua Fraksi Pak Amir Uskara, yang kelima anggota Wantimpres Pak Mardiono,” ujar Awiek di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Minggu (15/12/2019).

Namun terkait nama Mardiono, Awiek memberikan catatan khusus. Pasalnya Mardiono kini menjabat anggota Wantimpres. Padahal berdasarkan undang-undang, posisi Wantimpres tidak boleh rangkap jabatan di partai.

Sehingga jika ingin maju sebagai calon ketua umum PPP, Mardiono harus  menanggalkan posisi Wantimpres.

Mekanisme pemilihan sendiri tergantung peserta Muktamar. Apakah bakal aklamasi atau voting. Awiek menyebut pemilik suara adalah pengurus DPW dan DPC.

(rt)

Baca juga  RI Dicoret dari Negara Berkembang, Bappenas: Pinjaman Tidak Lagi Murah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here