Rezim Aneh, KPK Jadi Lebih Kerdil dan Tak Independen Lagi

0
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid

PolitikToday– Wakil Ketua Dewan Syuro PKS Hidayat Nur Wahid mengkritik langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) seperti tertuang dalam draf Peraturan Presiden (Perpres) tentang Organisasi dan Tata Kerja Pimpinan dan Organ Pelaksana Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurutnya, semakin jelas pemerintah ingin mengerdilkan independensi KPK.

“Kalau di bawah eksekutif maka dikhawatirkan independensi KPK tidak maksimal, dan karenanya kinerja KPK untuk melaksanakan tugas-tugas pemberantasan korupsinya pun juga tidak maksimal,” katanya kepada wartawan.

“Itu akan membenarkan pengesanan bahwa KPK sekarang dibonsai untuk menjadi di bawah kekuasaan eksekutif,” sambungnya.

Hidayat menilai sejak awal KPK harus memiliki independensi dalam melaksanakan tugasnya. Independensi itu, kata dia, merupakan instrumen agar KPK bisa leluasa dalam melaksanakan tugas pemberantasan korupsi tanpa pandang bulu.

Hidayat sendiri berkeinginan agar KPK diletakkan sejajar dengan lembaga lainnya seperti Mahkamah Konstitusi atau Komisi Yudisial. Bila di bawah kekuasaan presiden, ia khawatir KPK akan makin lemah dalam tindakan pemberantasan korupsi.

(yt)

 

Baca juga  Dikorting, Hukuman Romahurmuziy Diperkirakan Berakhir Pekan Depan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here