Kivlan Zen Sempat Khawatir Dikerjai Pakai Narkoba di Rutan Polda Metro Jaya

0
Kivlan Zein
KIvlan Zein menjadi tersangka kepemilikan senjata ilegal

PolitikToday-Terdakwa kepemilikan senjata api ilegal, Mayjen (Purn) Kivlan Zen, bercerita saat berada di rumah tahanan (rutan) narkoba Polda Metro Jaya yang mesti tidur di lantai beralaskan kasur.

Saat membacakan eksepsi, mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat Kivlan Zen menyampaikan kekhawatiran yang dipikirkannya selama mendekam di rutan narkoba.

“Sempat terbesit dalam diri saya akan dijebak dengan narkoba,” ujar Kivlan di dalam ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa, (14/1/2020).

Kivlan menceritakan mesti tidur di dalam rutan narkoba setelah polisi mengumumkan dugaan rencana pembunuhan terhadap empat pejabat negara. Dia meminta kuasa hukum guna mengeluarkannya dari rutan tersebut.

“Selamatkan saya dan keluarkan saya dari rutan narkoba,” tukasnya.

Sebelumnya, polisi menangkap Kivlan atas tuduhan pembelian senjata api ilegal. Kivlan juga diduga telah merencanakan membunuh empat pejabat negara dan seorang petinggi lembaga survei.

Kelima target itu antara lain mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto; Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan; Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan; Staf Khusus Presiden Bidang Intelijen dan Keamanan Gories Mere; dan Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya.

Jaksa mendakwa Kivlan Zen atas kepemilikan senjata api ilegal. Dia didakwa melanggar Pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Darurat Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1951 juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 atau juncto 56 ayat 1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Kini Kivlan menjadi tahanan rumah dengan pengawasan polisi.

Majelis hakim PN Jakpus mengabulkan permohonan Kivlan Zen karena mempertimbangkan alasan sakit.

(hz)

Baca juga  Pesta Narkoba, Ketua DPC PAN Jambi Diamankan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here