PDIP Ajukan PAW Hingga 3 Kali, KPU: Partai Lain Tidak Ada Seperti Itu

0
ilham saputra

PolitikToday – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra, pengajuan permohonan pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR PDIP dapil Sumsel I Riezky Aprilia oleh Harun Masiku dilakukan sebanyak tiga kali dan tidak dilakukan oleh partai lain.

Selain kejanggalan tersebut, PDIP juga disebut tidak mematuhi mekanisme permohonan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kan mereka meminta penegasan kita. Kemudia kita tegas, (ada suarat) pertama, kedua, ketiga. Sejak awal kita tegas (menolak usulan),” ujar Ilham Saputra, di Kantor Pusat KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/1).

Ilham juga menyatakan, permohonan PAW caleg yang dilakukan parpol lain sesuai prosedur.

“Surati DPR baru DPR surati KPU,” sebut Ilham.

Oleh karena itu, kejanggalan ajuan PAW oleh partai besutan Megawati Soekarnoputri tidak pernah dibuat oleh parpol lainnya.

“Enggak ada parpol lain yang seperti itu,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, persoalan PAW anggota PDIP di dapil Sumsel I ini menjadi perkara yang tengah ditangani KPK. Lembaga anti rasuah ini mencium kejanggalan dari proses PAW yang dilakukan PDIP kepada KPU.

KPK berhasil menciduk Komisioner KPU Wahyu Setiawan yang terbukti menerima suap Rp 400 juta. Selain itu, tiga orang yang berasal dari unsur PDIP juga diamankan.

(bs)

Baca juga  Jika Takut Periksa Sekjen PDIP, KPK Terancam Kehilangan Kepercayaan Publik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here