Prabowo: Jangan Dipanas-panasin, Nanti Ada Kerjasama Eksploitasi di Natuna

0
Langkah koalisi Prabowo Cs Usai Putusan MK akan Dibahas Siang ini
Menhan Prabowo Subianto yang masih menjabat sebagai Ketua Umum Partai Gerindra

PolitikToday- Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menguatkan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harga mati.

Pernyataan ini bentuk penegasan yang telah disampaikan oleh Jokowi terkait dengan kapal ikan China yang masuk kawasan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia, dekat Kepulauan Natuna.

Prabowo meminta berbagai pihak untuk tidak memanaskan keadaan terkait keberadaan kapal ikan China yang masuk wilayah ZEE Indonesia untuk mencuri ikan.

“Ya kan jelas beliau sudah katakan kedaulatan harga mati. Tapi kita, jangan kita panas-panasin ya,” ujar Prabowo di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (9/1/2019).

Prabowo ungkap ZEE Indonesia dengan wilayah teritorial RI berbeda. Wilayah teritorial itu berada 12 mil dari lepas pantai. Perairan yang berada lebih luar dari batas teritorial itu disebut sebagai ZEE Indonesia.

Menurut Prabowo, kapal dari negara pun bebas melintas di wilayah ZEE Indonesia. Namun, kata Prabowo, melakukan eksploitasi ikan atau mineral harus kerja sama dengan Indonesia.

“Tapi kalau eksploitasi ikan atau mineral itu harus kerja sama, harus izin kita. Nah ini kan bisa diselesaikan kita bisa negosiasi dan sebagainya,” tukas Calon Presiden 2019.

Ketua Umum Partai Gerindra itu mengatakan pemerintah bersikap tenang menghadapi kapal ikan China yang masuk wilayah ZEE Indonesia.

Seperti diketahui, Indonesia dan China saling bersiteru di perairan Natuna sejak beberapa hari yang lalu. Kondisi tersebut berawal saat kapal-kapal China mencuri ikan dan mengusir nelayan Indonesia di wilayah ZEE Indonesia di sekitar Natuna, Kepulauan Riau.

(hz)

Baca juga  Masihkah Pantas Jokowi Disebut Pemimpin Merakyat?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here