Ekonomi, Praktisi: Pemerintah Selalu Tuding “Virus Corona”

0
IHSG

Politik Today – Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah menilai, pemerintah diminta jujur dan segera menghentikan alasan ekonomi Indonesia akan menurun diakibatkan oleh wabah virus corona atau Covid-19.

Sebab, jauh sebelum virus mematikan itu mewabah di berbagai belahan dunia, kondisi ekonomi dalam negeri sudah terpuruk. Hal itu ditenggarai akibat ketidakbecusan pemerintah mengelola ekonomi.

 

“Tidak bijak jika menjadikan wabah (corona) sebagai alasan, bagaimanapun pemerintah seharusnya mencukupkan alasan-alasan yang menutupi ketidakmampuan,” kata Dedi Kurnia Syah yang disampaikan kepada awak medianya 29 Februari 2020.

Menurut Dedi Kurnia, ketika wabah virus corona dijadikan alasan faktor penyebab keterpurukan ekonomi, semakin menunjukkan bahwa pemerintah seolah “lepas tangan” atas ketidakmampuannya menangani masalah ekonomi.

“Saya kira alasan semacam itu hanya kemalasan berpikir,” sesal Dedi.

Bank Indonesia (BI) juga telah memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia dari 5,1-5,5 persen menjadi 5-5,4 persen. Penyebabnya, virus corona dinilai bakal berdampak ke perekonomian tanah air. Hal itu sejalan dengan banyak ekonom yang memprediksi ekonomi Indonesia berpotensi turun 0,3 persen.

(YR)

Baca juga  Ekonomi, IHSG: Diproyeksikan Pelemahan Kembali Perdagangan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here