Apresiasi Langkah Pemprov DKI, Pusat Dukung Daerah Buka Peta Sebaran Corona

0
jubir corona

PolitikToday – Juru bicara pemerintah untuk penanganan corona (Covid-19), Achamd Yurianto mengapresiasi langkah sejumlah pemerintah daerah dalam menangani kasus corona. Ia menyatakan membuka peta sebaran corona, seperti yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta misalnya, menjadi kebijakan pemerintah daerah.

“Ini kebijakan bagus Pemda dan kita mendukung. Terjadi sinkronisasi pusat dan daerah merespons covid sebagai bencana, semua sejalan. Tracing sudah kita lakukan. Pemda kemudian membuat peta, menentukan kawasan-kawasan rawan. Dan kemudian pemda juga membuka info kepada seluruh masyarakat. Pemerintah pusat hanya rekap keseluruhan,” ujarnya kepada awak media di Istana Negara, Jakarta, Minggu (15/3).

Sebelumnya Gubernur DKI Anies Baswedan membuka peta penyebaran virus corona di Jakarta. Dalam peta tersebut dijelaskan daerah pasien positif corona berdasarkan kecamatan.

Menyusul Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga menyatakan bakal membuka peta penyebaran virus corona di wilayahnya.

Pemerintah pusat beberapa kali merespon kritik terkait data pasien positif corona yang dianggap tidak transparan. Setelah mengumumkan kasus 01 dan 02, pemerintah pusat enggan memberikan daerah penyebaran terkait pasien yang dinyatakan positif corona.

Dalam rilis harian di Istana Negara beberapa waktu lalu Yuri hanya menyebutkan data nomer pasien, jenis kelamin, umur dan kondisi pasien.

Berulang kali ia pun menyatakan daerah pasien tak bisa diungkap karena sejumlah pertimbangan. Baru Sabtu kemarin, akhirnya Yuri menyatakan daerah penyebaran corona di Indonesia sudah meluas hingga ke Jakarta, Bandung, Tangerang, Solo, Bali, Manado, Yogyakarta dan Pontianak.

(bs)

Baca juga  Apindo Keluhkan Dampak Corona: Pengusaha Kuat Hanya Sampai Bulan Juni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here