Dear Jokowi, Kebijakan Darurat Sipil Tidaklah Tepat

0
jokowi ahok

PolitikToday– Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay menilai kebijakan Presiden Jokowi yang memberlakukan darurat sipil guna memerangi penyebaran virus Corona tidak tepat. Dia menilai, status tersebut diberlakukan hanya untuk mendukung kebijakan pembatasan sosial skala besar (PSSB) sehingga tidak perlu menerapkan karantina wilayah.

Saleh menilai PSSB diberlakukan untuk mendukung kebijakan sosial distancing yang sebelumnya dikeluarkan pemerintah. Padahal, dia mengatakan, kebijakan itu sejauh ini masih belum mampu mengendalikan penyebaran Covid-19.

“Terbukti jumlah warga negara yang terpapar semakin banyak, begitu juga jumlah yang meninggal dunia dilaporkan semakin bertambah,” kata Saleh Partaonan Daulay kepada wartawan.

Saleh menilai darurat sipil sebagaimana diatur dalam Perppu Nomor 23 Tahun 1959 tentang Keadaan Bahaya juga tidak tegas.

Sebab, pimpinan operasi masih ditangani oleh sipil. Dia mengatakan, darurat sipil dipergunakan kemungkinan karena pemerintah menganggap bahwa keadaan darurat yang ada skalanya masih rendah.

“Karantina wilayah justru menjadi kunci dari keberhasilan social distancing karena mengatur masyarakat dengan lebih taat dan tertib.

(yt)

Baca juga  Komisi X Fraksi Demokrat Minta Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Memberikan Stimulas Tepat Guna Tepat Sasaran untuk Pelaku Usaha Pariwisata

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here