Demi Keselamatan Indonesia, Demokrat Desak Pemerintah Bentuk Komite Nasional Pengendalian Corona

0
Anggota Fraksi Demokrat DPR, Didik Mukrianto

PolitikToday – Anggota DPR Fraksi Demokrat, Didik Mukrianto, mendesak pemerintah untuk segera membentuk Komite Nasional Pengendalian Corona. Permintaan ini disampaikan Didik via akun Twitter personalnya, Jumat (13/3/2020).

Didik beralasan virus corona telah menjadi pandemi global. Perkembangannya di Indonesia cenderung terus meningkat sehingga menimbulkan korban jiwa dan potensi kerugian material yang semakin besar dan berimplikasi pada aspek sosial dan ekonomi.

“2. Indonesia bukan negara yang imun/kebal terhadap Corona. Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki resiko berjangkitnya pandemi corona yang dapat menimbulkan korban jiwa yang lebih besar. #VirusCorona,” cuit Didik.

Didik yakin bahwa percepatan pengendalian virus corona dan peningkatan kesiapsiagaan menghadapi pandemic memerlukan langkah-langkah komprehensif dan keterpaduan seluruh stake holders termasuk Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, dunia usaha, serta pihak-pihak terkait lainnya.

Didik kemudian membeber tuga dari Komite Nasional Pengendalian Corona itu.

  1. Menetapkan kebijakan & rencana strategis nasional serta pedoman umum pencegahan, pengendalian, & penanggulangan #VirusCorona serta kesiapsiagaan menghadapi pandemi;
  2. Menetapkan langkah-langkah strategis yang diperlukan dalam rangka pencegahan, pengendalian, dan penanggulangan #VirusCorona serta kesiapsiagaan menghadapi pandemi;
  3. Mengkoordiansikan pelaksanaan kegiatan pencegahan, pengendalian, dan penanggulangan #VirusCorona;
  4. Mengendalikan, memantau & mengevaluasi pelaksanaan strategi pengendalian #VirusCorona & kesiapsiagaan menghadapi pandemi, serta menetapkan langkah-langkah penyelesaian permasalahan strategis yang timbul dlm kegiatan pencegahan, pengendalian, & penanggulangan #VirusCorona;
  5. Mengkoordinasikan pengelolaan data & informasi yg terkait dg masalah #VirusCorona;
  6. Memberikan arahan kpd Komite Provinsi dan Komite Kabupaten/Kota dlm rangka pencegahan, pengendalian dan penanggulangan #VirusCorona serta kesiapsiagaan menghadapi pandemi.

Dengan demikian, kata Didik, masyarakat sangat yakin dan percaya kepada pemerintah dalam mengambil langkah-langkah strategis.

“Masyarakat panik dan kawatir, karena tidak lepas dari keyakinan mereka thd pemerintahnya, thd pemimpinnya, thd Presidennya dalam mengambil langkah-langkah,” pungkas Didik.

Baca juga  Salahkan Virus Corona, Sri Mulyani Sebut Pertumbuhan Ekonomi 2020 Bisa Anjlok Jadi 4,7 Persen

(rt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here