Ekonomi, OJK: Bursa Dipangkas Hanya Sampai Pukul 15.00 WIB

0
IHSG

Politik Today – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan jam perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dipangkas hanya sampai pukul 15.00 WIB mulai perdagangan awal pekan depan, Senin, 30 Maret 2020 hingga waktu yang diumumkan selanjutnya oleh otoritas pasar modal ini.

Kepala Departemen Pengawasan Pasar Modal 2A OJK, Yunita Linda Sari menyampaikan, perubahan jam perdagangan ini mempertimbangkan kondisi pasar saham yang mengalami tekanan yang dipengaruhi oleh pandemi virus corona atau COVID-19 dan penyesuaian jadwal kegiatan layanan operasional dan layanan publik Bank Indonesia, khususnya pemendekan jam operasional Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS).

Mengacu data BEI sejak awal tahun ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sudah terkoreksi 37,49%.

Mayoritas bursa saham di Asia Tenggara juga terkoreksi, seperti Filipina dengan pelemahan 38,91%, Thailand melemah 34,37%. Sedangkan Malaysia dan Singapura melemah masing-masing 26,71% dan 18,73%.

Mayoritas bursa saham di Asia Tenggara juga terkoreksi, seperti Filipina dengan pelemahan 38,91%, Thailand melemah 34,37%. Sedangkan Malaysia dan Singapura melemah masing-masing 26,71% dan 18,73%.

Penyesuaian jadwal kegiatan operasional ini dihasilkan setelah memperhatikan aspek kemanusiaan dan kesehatan masyarakat dalam memitigasi penyebaran COVID-19 serta mempertimbangkan hasil koordinasi dengan, antara lain Otoritas Jasa Keuangan (OJK), industri perbankan, dan penyelenggara jasa sistem pembayaran.

“Adapun pelaksanaan kegiatan operasional perbankan menjadi pertimbangan dan kewenangan masing-masing bank,” kata Onny, dalam keterangan resmi BI, Rabu 25 Maret 2020.

“BI akan terus melakukan koordinasi dan sinergi dengan Pemerintah dan otoritas terkait dalam menempuh langkah-langkah kolektif untuk melakukan pemantauan, asessmen, pencegahan dan mitigasi implikasi penyebaran COVID-19.”

(YR)

Baca juga  Hotman Paris: Peraturan OJK Hanya Untuk Kredit Bank Tertentu, Leasing Tidak Ada; Bagaimana Nasib Driver Ojol?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here