Halau Dampak Corona, PSI Minta Jokowi Tiru BLT Seperti SBY

0
grace natalie

PolitikToday – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan bantuan langsung tunai (BLT) untuk menekan dampak ekonomi akibat penyebaran virus corona (Covid-19). BLT merupakan program yang pernah dipakai di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan dinilai harus diberikan lantaran imbauan agar bekerja di rumah.

“PSI mengusulkan kepada pemerintah untuk memberikan bantuan langsung tunai atau BLT kepada masyarakat yang terdampak. Berdasarkan perhitungan kami, ini adalah langkah yang paling cepat membantu masyarakat melewati masa-masa sulit seperti ini,” kata Ketua Umum PSI Grace Natalie lewat video di akun Instagram @gracenat, Selasa (17/3).

Grace mengakui imbaun menjaga jarak (social distancing) sangat penting untuk mencegah penularan corona. Namun ia mengingatkan pemerintah juga harus memperhatikan nasib jutaan pekerja harian yang terdampak.

Grace mengatakan Jokowi bisa menggunakan anggaran perjalanan dinas pemerintah. Sebab kegiatan dinas ke luar negeri atau antardaerah telah dihentikan sementara waktu.

“Langkah Pak Jokowi menghentikan kunjungan kerja dan perjalanan dinas pemerintah sudah sangat tepat. Dana tersebut bisa dialihkan untuk program BLT,” kata Grace.

Selain untuk BLT, Grace menambahkan, uang itu bisa digunakan untuk membeli alat tes virus corona dalam jumlah besar. Sehingga ini bisa jadi langkah awal Indonesia menyelesaikan pandemi corona.

“Ini penting agar kita punya data yang akurat seberapa luas sebenarnya penyebaran virus corona di Indonesia dan bagaimana mengatasinya,” tuturnya.

(bs)

Baca juga  Wasekjen PSI: Kita Menolak Dinasti Politik Tanpa Konvensi, Sekjen PSI: Pasti Akan Mendukung Gibran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here