Hari ini Menteri Perhubungan, Esok Lusa Bisa saja Presiden

0
budi karya
Menteri Perhubungan Budi Karya

Artikel kali ini masih terkait wabah virus corona. Bukan soal Harun Masiku, Jiwasraya maupun RUU Omnibus Law. Isu virus lebih meledak untuk dibicarakan saat ini. Dunia pun membicarakannya. Jika saya membahas KPK belum juga menemukan dan menangkap tersangka penyuapan KPU, Wahyu Setiawan tentu tidak menarik untuk dibaca. Tidak update – lah atau apalah namanya.

Terlebih membahas Pansus Jiwasraya ataupun RUU Omnibus Law yang hingga kini masih kontroversi di tengah-tengah pejabat politisi maupun masyarakat awam seperti saya ini.

Jumlah pasien terjangkit virus yang katanya mematikan ini terus bertambah. Berita terheboh pasien tersebut datang dari pejabat Negara Menteri Perhubungan Budi Karya. Dinyatakan positive terjangkit virus corona. Pernyataan Budi Karya sempat viral menyikapi virus ini. Entah candaan atau menghibur rakyatnya. Yang pastinya suami dari Endang Sri Hariyatie ini harus merasakan sakitnya dari virus tersebut.

“Ini guyonan sama Pak Presiden, ya. Insyaallah Covid-19 tidak masuk ke Indonesia karena setiap hari kita makan nasi kucing. Jadi kebal.”  -Budi Karya-

Gurauan itu dilontarkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di sela pidatonya pada satu acara di Yogyakarta, 17 Februari 2020. Saat itu, Indonesia belum punya satu pun kasus corona. Bercanda sih boleh, tapi jangan takabur. Itu pesan saya kepada siapapun yang menganggap virus ini tidak berbahaya.

Banyak indikasi virus ini bisa tertular kepada Budi Karya. Selain memiliki rekam medis asma, dan komplikasi akut lainya merembet kepada lemahnya daya tahan tubuh sehingga memudahkan virus ini menyerang tubuh Budi Karya.

Ditambah dengan, sebelum terjangkit tepatnya setelah ikut menyambut kedatangan 69 WNI ABK Diamond Princess di Bandara Kertajati, Majalengka. Di kapal pesiar itu, tak kurang dari 700 penumpang dan awaknya terinfeksi corona. Itu sebabnya ABK WNI di kapal itu dievakuasi dan dipulangkan ke Indonesia, kecuali 8 orang yang diketahui positif terjangkit COVID-19.

Baca juga  Ketika Perempuan Menanti Realisasi Janji Manis Jokowi-JK

Mungkin bukan hanya Budi yang terkena virus. Kita semua tahu Budi kerap mendampingi Presiden Jokowi di tiap-tiap kegiatan kenegaraan. Terutama peresmian yang berkaitan dengan instansi yang dipimpin Budi. Ini sinyal kuat kewaspadaan pihak istana agar virus corona tidak menyerang Menteri yang lainya yang ada di Kabinet Indonesia Kerja jilid II ini. Semoga saja tidak ada keangkuhan lainya dari Pejabat Negara meremehkan suatu hal terutama virus mematikan.

Oleh, Putri Andam Dewi

Pegiat Demokrasi Madani Indonesia

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here