Jokowi Mesti Lockdown Zona Merah Corona Sebelum Musim Mudik Datang

0
virus corona

PolitikToday – Pengamat politik dari Universitas Telkom, Dedi Kurnia Syah, mendesak Presiden Jokowi untuk segera melakukan lockdown terhadap sejumlah wilayah yang masuk dalam zona merah sebaran virus corona baru (Covid-19).

Menurut Dedi, hal itu harus segera diputuskan oleh Presiden Jokowi. Pasalnya, pemerintah hanya punya waktu efektif selama tiga pekan sebelum memasuki bulan Ramadan atau bulan puasa bagi umat muslim.

Tersebab saat akhir puasa atau jelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat sudah berbondong-bondong mudik ke kampung halaman masing-masing.

“Pemerintah hanya miliki waktu efektif 3 pekan, memasuki bulan puasa publik sulit dikendalikan untuk tidak berkerumun,” ujar direktur eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) tersebut, Senin (23/3/2020).

Dedi juga menilai masyarakat Indonesia mayoritas bukan tipe warga yang patuh terhadap imbauan pemerintah. Publik akan sulit mengikuti aturan agar tetap berada di dalam rumah.
Karena itu, kata Dedi, lockdown merupakan salah satu cara agar laju penyebaran virus corona dapat dihentikan.

“Terlebih musim pulang kampung di depan mata, warga negara kita bukan tipe yang patuh dengan imbauan, harus tutup akses, bukan sekadar mengimbau,” bebernya.

(rt)

Baca juga  Seribu Jubir Corona Bakal Unfaedah Bila Pemerintah Masih Ugal-ugalan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here