Kapolda Sultra Keliru Informasi TKA Kendari, Demokrat: ‘Hoax’ Jangan Hanya Disematkan Ke Rakyat!

0
Hinca Pandjaitan
Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Hinca Pandjaitan

PolitikToday – Politikus Partai Demokrat, Hinca Pandjaitan, angkat bicara terkait kasus yang menimpa Hardiono, perekam video masuknya TKA Cina di Bandara Haluoleo, Kendari, Sulawesi Tenggara.

Akibat video itu, Hardiono ditangkap polisi dan dianggap sebagai penyebar informasi palsu alias hoax. Namun Hardiono tidak ditahan. Dia langsung dilepas usai dimintai keterangan. Adapun sebelum dilepas, Hardiono turut diminta untuk meminta maaf atas apa yang dilakukan.

Belakangan diketahui bahwa Kapolda Sulawesi Tenggara, Brigjen Merdisyam, telah menyampaikan informasi yang keliru terkait kedatangan 49 tenaga kerja asing (TKA) asal China di Bandara Haluoleo Kendari pada Minggu (15/3/2020).

Merdisyam sempat mengatakan, puluhan TKA itu kembali tiba di Kendari setelah mengurus perpanjangan visa di Jakarta. Padahal, para warga negara China itu adalah TKA baru yang akan bekerja di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

“Permohonan maaf kepada rekan-rekan sekalian dari saya sebagai Kapolda Sultra,” kata Merdisyam dalam keterangan pers di Media Center Mapolda Sultra, Selasa (17/3/2020).

Dengan begitu apa Hardiono tidak bisa dikategorikan hoaks.

Hinca kemudian menghimbau publik untuk menjadikan kasus yang menimpa Hardiono sebagai pelajaran terkait pemberian informasi kepada publik. Secara khusus Hinca menyoroti tentang penyematan istilah hoax kepada masyarakat yang kedapatan mengungkap sesuatu, padahal belum diputus pengadilan.

“Jika label hoax hanya disematkan pada rakyat, sedangkan aparat & penguasa memberi informasi yg salah hanya disebut “keliru”, sesungguhnya negara kita mengkhianati sebuah asas hukum “equality before the law”,” tutur anggota Komisi III DPR itu di akun Twitter pribadi.

Cuitan ini dilampiri berita media onlinbe berjudul :Kapolda Sebut Sudah Lepas Penyebar Video TKA China Masuk Kendari”

(rt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here