Kasus Harun Masiku: KPK Terima Dokumen Dari KPU

0
harun masikuu

Politik Today – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima dokumen terkait kasus dugaan suap pergantian antar-waktu (PAW) politikus Harun Masiku dari Komisioner komisi Pemilihan Umum (KPU)

“Hari ini memang tadi hadir Pak Hasyim Asyari, tapi bukan kapasitas sebagai saksi. Namun, memang hadir ada menyerahkan sejumlah dokumen. Jadi, dokumen-dokumen yang berkaitan dengan itu yang kita peroleh atau dapatkan dari KPU pusat,” ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, 2 Maret 2020.

Dalam kasus ini, KPK memeriksa Kepala Teller Bank Mandiri Cabang Manokwari Papua Barat Irmawaty, dan Teller Bank Mandiri Cabang Manokwari Papua Barat Patrisius Hitong.

Menurut Ali, pemeriksaan keduanya berkaitan dengan dugaan adanya aliran uang yang diterima mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

“Kemudian hari ini diperiksa teller dari Bank Mandiri yang kemudian kita konfirmasi terkait dengan aliran uang yang akhirnya diduga diterima oleh tersangka WS (Wahyu Setiawan), selain uang yang diterima dari OTT,” kata dia.

Sementara itu, Ketua KPU Arief Budiman menjalani pemeriksaan di KPK pada Jumat 28 Februari 2020. Dia diperiksa dalam kasus dugaan suap terhadap koleganya, mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan dari Harun Masiku.

Pada pemeriksaan terkait suap penetapan politikus PDIP Harun Masiku sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024 melalui mekanisme pergantian antar-waktu (PAW) ini, Arief mengaku dicecar sekitar 10 pertanyaan oleh penyidik.

“Hari ini 10 pertanyaan. Tetapi lebih mendalami terkait apakah saya punya hubungan antara saya, Wahyu, dan Harun Masiku,” ujar Arief di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat.

(YR)

Baca juga  Setelah Ali Fahmi Kini Harun Masiku Buron, KPK Ambyar di Depan Kader PDIP?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here