Kelompok Pekerja Rentan Corona, Serikat Buruh Minta Jokowi Bagikan Masker Gratis

0
said iqbal

PolitikToday – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) meminta pemerintah membagikan masker gratis masyarakat Indonesia, khususnya kelompok pekerja. Hal itu lantaran stok masker dan perlengkapan kesehatan terkait higienitas sudah langka di pasaran setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan dua WNI positif corona.

Presiden KSPI Said Iqbal khawatir kelompok pekerja rentan terkena virus corona tersebut karena sulitnya mengakses masker dan perlengkapan higienitas lainnya.

“Kami meminta berkenaan dengan (virus) corona ini, kepada Pemerintah RI khususnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan masker secara gratis kepada seluruh rakyat,” ungkapnya di Hotel Mega Proklamasi, Jakarta, Kamis (5/3).

Said menilai minimnya ketersediaan masker dapat memberikan dampak perekonomian negatif bagi masyarakat. Selain itu, Said menegaskan pemerintah turut bertanggung jawab untuk dapat mengontrol masalah kelangkaan ini.

“Masker di toko dan apotek tiba-tiba hilang. Bahkan, alat sanitasi pencuci misalnya Dettol juga hilang di pasaran, ini ada apa? Harusnya ini sudah menjadi hak masyarakat dapat mengakses masker dan lain-lain,” ujarnya.

Terkait anggaran, menurut Said, pemerintah dapat memanfaatkan dana kontinjensi pada APBN. Sebagai catatan, dana kontijensi adalah dana penanggulangan bencana yang digunakan bagi penanggulangan bencana untuk tahap prabencana, saat tanggap darurat, dan atau pascabencana.

“Ada dana kontinjensi. Dan itu wajib, perintah berdasarkan UUD 45, melindungi tumpah darah Warga Negara Indonesia. Gratis, sehingga yang mau nimbun-nimbun (masker) rugi. Pasti bisa,” jelasnya.

(bs)

Baca juga  Dampak Virus Corona, Ibas: DPR RI Tidak Boleh Lockdown

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here