LIPI Bantah Klaim Kemenkes Virus Corona Tidak Bisa Menular Lewar Benda Mati

0
Cawapres PKS Belum Berjaya Dalam Hasil Survei

PolitikToday Virus Corona alias Covid -19 diklaim mampu bertahan hidup selama 9 hari di benda mati. Kemampuan ini sama seperti corona SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan MERS (Middle East Respiratory Syndrome).

Peneliti bidang mikrobiologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Sugiyono Saputra mengatakan hingga saat ini belum ada penelitian tentang kemampuan bertahan virus corona jika menempel di benda mati. Sejauh ini, menurutnya baru ada penelitian tentang lama hidup virus SARS dan MERS yang menempel di benda mati.

“Memang dari penelitian tersebut hasilnya bervariasi, bisa bertahan 2 jam hingga 9 hari,” ujar Sugiyono, Rabu (4/3).

Sugiyono menjelaskan daya tahan hidup virus sejatinya bukan berdasarkan jenis bendanya. Dalam penelitian tentang SARS dan MERS, ketahanan hidup virus tergantung jenis, jumlah, suhu, dan kelembaban.

Selain itu, Sugiyono menyampaikan virus tidak akan bertahan lama jika berada di suhu yang tinggi, yakni di atas 30 derajat celcius. Sebaliknya, virus bisa bertahan lama jika suhu semakin lembab.

“Berdasarkan studi tersebut diperkirakan SARS-CoV2 (Covid-19) juga punya ketahanan serupa. Sehingga bisa dijadikan acuan untuk desinfeksinya,” ujarnya.

Lebih jauh, Sugiyono menyampaikan belum ada penelitian mengenai kemampuan transfer virus Covid-19 melalui tangan. Namun, dia menyampaikan kontak tangan selama 5 detik dengan permukaan yang terkontaminasi influenza tipe A bisa mentransfer sekitar 30 persen dari viral load yang ada.

Di sisi lain, Sugiyono menyampaikan virus di benda mati tidak akan hilang dengan cara dicuci. dia menyampaikan virus di benda mati akan hilang jika di desinfektan misalnya dengan alkohol 70 persen dan didiamkan selama 1 menit.

“Atau dengan sodium hypochlorite, yakni kaporit yang biasa buat kolam renang,” ujar Sugiyono.

Baca juga  Pandemi Corona, Jubir Pemerintah : 600-700 Ribu Orang Berisiko Tertular

Pernyataan LIPI ini sekaligus membantah klaim pemerintah yang mengatakan virus corona tidak bisa tertular atau bertahan lama di benda mati.

Sebelumnya, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) di Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto mengklaim bahwa virus corona tak akan bisa tertular dari benda mati.

(bs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here