Menkeu Sebut Ada Dana Rp 27,7 Triliun Untuk Penanganan Corona

0
Menteri Keuangan Sri Mulyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani

PolitikToday – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebut potensi dana sebesar Rp 27,7 Triliun untuk penanganan virus corona (Covid-19). Dana tersebut bersumber dari realokasi anggaran Kementerian dan Lembaga dan dana transfer daerah.

“Belanja modal yang bukan prioritas, terutama untuk belanja multiyears yang belum ditenderkan, masih memungkinkan Rp5 triliun-Rp10 triliun untuk realokasi penanganan covid-19. Untuk dana transfer daerah ada Rp17,7 triliun bisa realokasi,” terangnya, Rabu (18/3).

Menurut Sri Mulyani, penanganan covid-19 tidak boleh terhalang dengan permasalahan anggaran. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut potensi dana Rp40 triliun dapat digunakan untuk mendongkrak konsumsi masyarakat di tengah penyebaran virus corona.

Jokowi juga telah memerintahkan seluruh menteri Kabinet Indonesia Maju untuk menahan dulu kegiatan-kegiatan yang tak berdampak langsung terhadap peningkatan daya beli masyarakat.

“Pertemuan-pertemuan yang tidak perlu ditahan dulu. Tadi saya juga minta ke Kementerian Keuangan untuk dibekukan terlebih dahulu. Ini ada kurang lebih Rp40 triliun yang bisa segera dialihkan ke program yang berkaitan langsung dengan konsumsi masyarakat,” ujar Jokowi, Senin (16/3).

(bs)

Baca juga  Tidak Taati Imbauan Social Distancing, Wujud Perlawanan Rakyat Terhadap Kebijakan Setengah Hati Pemerintah Terkait Corona?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here