MK Tetapkan Pemilu Digelar Serentak, Surya Paloh Sebut Sejogyanya Pilkada dan Pilpres Dipisah

0
Keterangan Saksi Ahli Kuatkan Gugatan Kisman Terhadap Ketum Nasdem Melanggar AD/ART Partai
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh

PolitikToday– Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh merespons putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang tetap memutuskan pemilu digelar serentak. Menurut Paloh, melihat ekses yang timbul pada Pemilu serentak  2019 lalu, ia mengusulkan agar pemilu serentak tak lagi diulangi.

“Kami memang sejogjanya berharap Mahkamah Konstitusi memutuskan agar Pemilu serentak pada 2019 yang telah kita lalui untuk tidak lagi diulangi seperti apa yang telah kita lalui bersama,” kata Surya kepada wartawan.

Ia meyakini, beratnya pemilu serentak 2019 tidak hanya dirasakan Partai Nasdem dan Golkar, tetapi juga partai lain. Paloh pun berharap agar pilkada dan pilpres dilakukan terpisah.

“Maka seyogyanya kami berharap mungkin tetap terpisah yaitu pemilu legislatif terlebih dahulu terlepas barangkali diberikan kesempatan beberapa bulan, baru pelaksanaan Pemilu Pilpres,” ujarnya.

Ia menganggap adanya putusan MK tersebut menjadi pekerjaan rumah bagi partai peserta pemilu. Oleh karena itu, fraksi Nasdem dan Golkar bakal mengajak duduk bersama dengan fraksi partai politik lain di DPR untuk memikirkan solusi yang terbaik dalam situasi tersebut.

MK menolak permohonan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) terkait pemisahan pemilihan umum (pemilu) antara nasional (Pilpres, Pileg DPR dan DPD) dan lokal (kepala daerah dan DPRD). Permohonan perkara nomor 55/PUU-XVII/2019 itu terkait uji materi Undang-Undang tentang Pemilu dan UU tentang Pilkada.

(yt)

Baca juga  Prabowo Miliki Elektabilitas Capres 2024, Nasdem: Terlalu Cepat Bahas Itu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here