MUI Minta Jokowi Segera Karantina Total Indonesia

0
Sekjend MUI KH Anwar Abbas
Sekjend MUI KH Anwar Abbas

PolitikToday- Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta pemerintahan Joko Widodo segera melakukan lockdown atau karantina kewilayahan total di Indonesia sebagai upaya menghentikan dan memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19).

“Melakukan total lockdown di seluruh negeri dan atau local lockdown untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan pertimbangan dari para ahli,” kata Sekjen MUI Anwar Abbas, Jakarta, Minggu (29/3).

Anwar juga meminta pemerintah melakukan realokasi seluruh atau sebagian anggaran infrastruktur untuk digunakan menangani virus corona.

MUI, kata Anwar, juga meminta pemerintah untuk menunda rencana anggaran pemindahan ibu kota. Kemudian dipergunakan untuk membantu ekonomi masyarakat serta memulihkan perekonomian nasional.

“Keempat, mengalihkan seluruh dan atau sebagian anggaran yang diperuntukkan bagi desa dan kelurahan bagi menolong rakyat setempat selama masa lockdown,” ujar Anwar.

Lebih lanjut, kata Anwar, MUI juga meminta dan mewajibkan para pengusaha besar untuk memberikan bantuan penanganan kasus corona, termasuk mengatasi persoalan ekonomi yang dialami oleh masyarakat lapis bawah.

Jika nantinya kebijakan lockdown dilakukan, MUI meminta pemerintah untuk menindak tegas terhadap siapa saja yang tidak mematuhinya.

“Menindak dengan tegas siapa saja yang tidak mematuhi anjuran dan ketentuan dari pemerintah tentang lockdown ini,” kata Anwar.

Diketahui, pemerintah pusat menyatakan ada sebanyak 1.155 kasus positif corona di Indonesia per Sabtu (28/3) kemarin. Dari data itu, sebanyak 102 pasien meninggal dunia dan 52 orang dinyatakan sembuh.

(hz)

Baca juga  8 Bank Terancam Gagal Jika Ekonomi Terus Memburuk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here