Nasib 57 WNI Kapal Grand Princess, Retno Marsudi: Sedang Mengamati Perkembangan

0
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

PolitikToday- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan 57 WNI yang merupakan Anak Buah Kapal (ABK) kapal pesiar Grand Princess Cruise itu sedang dalam pengamatan, usai 21 orang di kapal tersebut positif terinfeksi virus corona (Covid-19).

“Saat ini, kami dari Kemenlu beserta tim seluruhnya yang ada di dalam maupun di luar sedang mengamati perkembangan yang terjadi pada kapal Grand Princess Cruise yang ada di San Fransisco,” terang Retno di Kawasan SCBD, Jakarta, Minggu (8/3/2020).

Retno menyatakan kondisi ke-57 WNI tersebut dalam keadaan sehat.

“Di situ terdapat 57 ABK WNI yang bekerja pada kapal tersebut. Saya terus berkomunikasi dengan tim yang ada di Amerika, sejauh ini pantauan kita 57 dalam kondisi sehat,” katanya.

Retno menegaskan persoalan virus corona Covid-19 menjadi tantangan yang dihadapi dunia, bukan hanya Indonesia. Atas dasar itu, terang dia, penanganan pencegahan dan penularan virus membutuhkan kerja sama seluruh pihak termasuk dengan World Health Organization (WHO).

“Sampai saat ini kita tidak tahu perkembangannya seperti apa, tapi yang penting adalah saya ingin yakinkan negara bekerja, kita semua bekerja untuk mengurangi risiko, untuk memerhatikan WNI kita yang di luar negeri yang sudah terkena dan sekali lagi kita akan berusaha sekuat tenaga untuk dapat mengatasi tantangan ini,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Amerika Serikat, Mike Pence menyatakan 21 orang dengan 20 penumpang dan seorang kru dalam kapal pesiar Princess Cruise positif terinfeksi virus corona (Covid-19), dan saat ini sedang berada di perairan California.

Pence mengatakan sekitar 3.533 penumpang dan kru akhir pekan ini akan melalui tahap tes kesehatan saat merapat di dermaga khusus.

“Kami akan mengetes semua orang di dalam kapal dan mengkarantina jika dirasa perlu,” kata Pence yang ditunjuk sebagai juru bicara virus corona oleh Presiden Donald Trump dalam konferensi media, Jumat (6/3/2020).

Baca juga  Buzzer “Laknat” Sebabkan Masyarakat Tidak Acuh Covid-19

Kapal pesiar ini tengah berlayar dari Hawaii menuju San Fransisco ketika hasil tes 46 orang penumpang pada Rabu (4/3) menunjukkan ada gejala terinfeksi virus corona. Sehari setelahnya, helikopter militer menurunkan tes kit untuk mengambil sampel uji kesehatan yang akan dianalisis di laboratorium negara.

(hz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here