Pasca Dipecat, Komisioner KPU Akan Gugat ke PTUN, DKPP: Sesuai UU Keputusan itu Final dan Mengingat

0
muhammad dkpp

PolitikToday – Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Muhammad, menanggapi langkah Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik yang berencana menggugat putusan DKPP terkait pemecatan dirinya ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Menurut Muhammad, putusan yang dikeluarkan DKPP bersifat final dan mengikat. Sehingga, seharusnya tidak ada lagi upaya hukum yang bisa ditempuh pihak yang terikat pada putusan itu.

“Kalau kita mau melihat konstruksi undang-undang kita, final dan mengikat itu berarti bagi KPU dan Bawaslu tidak ada upaya hukum lagi,” kata Muhammad, Jumat (20/3/2020).

Muhammad menyebut sifat putusan DKPP itu telah diatur dalam Peraturan DKPP dan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Dalam Pasal 458 Ayat (13) disebutkan bahwa, “Putusan sebagaimana dimaksud pada Ayat (10) bersifat final dan mengikat”.

Namun, Muhammad mempersilahkan Evi jika memang ingin melayangkan gugatan ke PTUN. Menurut dia, langkah itu merupakan hak bagi setiap warga negara.

“Ya silakan saja ya sebagai warga negara, Bu Evi misalnya punya pertimbangan lain, upaya hukum lain, tentu kami tidak dalam posisi akan mendorong atau tidak mendorong, kan itu hak warga negara,” katanya.

Sebelumnya, Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik berencana menggugat putusan DKPP ke PTUN. Putusan yang dimaksud menyangkut sanksi pemecatan Evi sebagai komisioner KPU, dan peringatan keras kepada Ketua dan empat komisioner KPU lainnya.

Evi berencana melayangkan gugatan dalam waktu dekat, setelah ia dan komisioner KPU lain selesai mempelajari putusan DKPP.

“(Mengajukan gugatan) ke PTUN. Begitu selesai (mempelajari) akan didaftarkan, ya mungkin tiga hari ke depan selesainya,” kata Evi di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (19/3/2020).

Evi Novida Ginting Manik dipecat dari jabatannya sebagai Komisioner KPU oleh DKPP. Selain itu, DKPP juga memberi sanksi berupa peringatan keras kepada ketua dan empat komisioner KPU lainnya.

Baca juga  Sprinlidik di Tangan Masinton Bukti PDI Perjuangan Makin Terpojok

(rt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here