Pasien Positif Corona Bertambah Menjadi 5 Orang, Muhammadiyah Sumbar Imbau Warga Tak Salat Jumat

0
masjid raya sumbar

PolitikToday – Jumlah pasien positif virus corona (Covid-19) di Sumatera Barat (Sumbar) bertambah menjadi 5 orang. Sebelumnya, 1 pasien sudah terlebih dahulu dinyatakan positif di Kota Bukittinggi. Data tersebut dikonfirmasi oleh gugus tugas penanganan corona provinsi Sumbar melalui website https://corona.sumbarprov.go.id/ pada Kamis (26/3/2020) sore.

Menanggapi situasi ini, Muhammadiyah Sumbar mengimbau warganya untuk tidak salat Jumat 27 Maret 2020. Muhammadiyah menghimbau warga untuk salat Zuhur di rumah saja.

“PP Muhammadiyah bilang, sudahlah, salat Zuhur sajalah. Jumat kemarin kami memberikan toleransi untuk salat Jumat karena belum ada kasus positif. Sekarang tidak bisa lagi karena sudah ada warga yang positif,” kata Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumbar, Shofwan Karim, Kamis (26/3).

Shofwan mengaku berat menyampaikan imbauan untuk tidak salat Jumat ke masjid besok untuk warganya. Namun, ia sudah dimarahi oleh Muhammadiyah Pusat pekan lalu karena masih membolehkan warga Muhammadiyah Sumbar untuk salat Jumat.

Mengenai salat lima waktu berjemaah di Masjid, Shofwan mengatakan bahwa pihaknya belum sampai membahas itu. Ia belum mengimbau warga Muhammadiyah Sumbar untuk tidak salat berjemaah ke masjid.

“Imbauan baru hanya untuk tidak salat Jumat karena salat Jumat jemaahnya banyak, sedangkan jemaah salat lima waktu tidak sebanyak jemaah salat Jumat,” ujarnya.

Meskipun begitu, Shofwan mengimbau warga Muhammadiyah yang ingin salat berjemaah lima waktu di masjid untuk selalu waspada akan penyebaran Covid-9, misalnya membuat jarak meter ke samping dengan sesama anggota jemaah.

(bs)

Baca juga  Fadjroel: Banyak Pecundang Politik Mencari Keuntungan di Saat Wabah Corona, Fadli Zon: Negara Amatiran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here