Pasien Positif Covid-19 Sudah 893 orang, Masih Butuh Ribuan Tenaga Medis

0
corona

PolitikToday – Koordinator Relawan Gugus Tugas Covid-19 Andre Rahadian mengatakan Indonesia masih kekurangan tenaga medis. Ia menyebut setidaknya Indonesia untuk menghadapi Corona membutuhkan 1.500 dokter spesialis dan 2.500 perawat.

Angka kasus positif virus corona baru (Covid-19) di Indonesia memang terus melonjak. Hari Kamis (26/3/2020) ini, sudah 893 orang yang dinyatakan positif Covid-19. Sebelumnya, data per-Rabu (25/3/2020) terdapat 790 pasien positif Covid-19. Artinya, ada penambahan sebanyak 103 kasus baru. Total ada 78 pasien yang meninggal dunia.

“Saat ini Indonesia membutuhkan sekitar 1500 dokter, terutama dokter spesialis paru, dokter spesialis anastesi dan juga dokter umum pranata lab sekitar 2500 perawat, dan juga bagian administrasi rumah sakit sampai ke sopir ambulan,” ucap Andre dalam keterangan resmi yang disiarkan akun Youtube BNPB, Kamis sore.

Andre kemudian mengajak segenap pihak yang memilki kemampuan dalam bidang medis untuk menjadi relawan. Mereka yang berminat dapat mendaftarkan secara online.

Gugus Tugas Covid-19 juga bekerjasama dengan berbagai asosiasi, LSM, serta perguruan tinggi dalam memerangi Covid-19. Maka, dia mengajak agar mereka yang ahli dalam bidang medis untuk bergabung.

“Semua elemen untuk bergabung menjadi relawan, di mana para dokter dan perawat serta administrasi rumah sakit farmasi akan berada di gugus depan menangani pasien, menangani rumah sakit,” katanya.

“Sementara teman-teman mahasiswa, mahasiswa tingkat akhir akan menjadi lapis kedua sebagai bagian dari pencegahan. Teman-teman mahasiswa akan membantu konsultasi baik psikologis maupun medis yang akan dilakukan melalui platform online,” tutupnya.

(rt)

Baca juga  Covid-19, Luhut: Virus itu Sebenarnya Relatif!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here