Pemerintah Masih Proses Pelaksanaan Haji 2020 Kala Wabah Covid-19, Fadli Zon: Sangat Memprihatinkan

0
Fadli Zon

PolitikToday- Anggota Komisi I DPR Fadli Zon meminta pemerintah untuk segera mengeluarkan keputusan tegas terkait penyelenggaraan ibadah haji. Apakah akan memberangkatkan jemaah atau meniadakan penyelenggaraan tahun ini.

“Pandemik global Covid-19 harus dianggap force majeure. Sehingga, pemerintah Indonesia harus segera membuat keputusan apakah pemberangkatan jemaah haji tahun ini akan diteruskan atau ditiadakan,” kata Fadli Zon, Jakarta, Kamis (26/3/2020).

“Keputusan itu perlu dibuat segera, dengan atau tanpa putusan resmi pemerintah Arab Saudi, untuk meminimalisir risiko bagi jemaah kita, sekaligus meminimalisir kerugian moril dan materil akibat ketidakpastian yang dibiarkan berlarut-larut,” ungkap wakil ketua umum Partai Gerindra ini.

Rencananya, tahun ini Indonesia akan memberangkatkan sekitar 231 ribu jemaah haji. Untuk kloter pertama, para jemaah akan mulai memasuki asrama haji pada 25 Juni 2020 dan akan diberangkatkan 26 Juni 2020.

“Artinya, ini kan tinggal menghitung hari saja. Tapi hingga hari ini kepastian pelaksanaan ibadah haji masih saja dibiarkan menggantung,” kata Fadli Zon.

Lebih lanjut Fadli Zon, menilai Kementerian Agama malah meminta agar para jemaah haji yang berangkat tahun ini malah disuruh segera melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 2020.

“Saya cek, jadwal pelunasan tahap pertama telah dimulai sejak 19 Maret kemarin, dan akan berakhir 17 April 2020 mendatang. Sementara, pembayaran tahap kedua dibuka dari 30 April hingga 15 Mei 2020. Kementerian Agama sepertinya sama sekali mengabaikan kondisi force majeure yang tengah melanda dunia Januari lalu. Menurut saya, ini sangat memprihatinkan,” tutupnya.

(hz)

Baca juga  Mantu Menpan-RB Tjahjo Kumolo Positif Virus Corona

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here