Pengamat Menilai Partai Demokrat Tetap di Oposisi Setelah Komando Beralih ke AHY

0
Pengamat: AHY Politikus Sejati
Agus Harimurti Yudhoyono terpilih secara Aklamasi menjadi Ketua Umum Partai Demokrat pada Kongres ke V di JCC Senayan, Minggu (15/03/2020)

PolitikToday– Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melenggang mulus ke pucuk pimpinan partai Demokrat. Dia menggantikan posisi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), setelah secara aklamasi dipilih menjadi Ketua Umum Demokrat dalam Kongres lalu.

Sejumlah pertanyaan muncul. Salah satunya soal arah politik Demokrat di bawah kepemimpinan AHY. Apakah akan bergabung ke koalisi pendukung pemerintah? Atau Demokrat di bawah AHY malah secara tegas mengambil posisi berlawanan, sebagai oposisi?

Pengamat politik, Adi Prayitno mengatakan, jika berkaca dari pengalaman, sebenarnya tak sulit membaca di mana partai mercy bakal berdiri. Demokrat, dalam pandangan dia, akan cenderung mengambil posisi di tengah atau non-blok.

“Tidak oposisi, tidak juga (gabung) ke pemerintah. Dia ingin jadi penyeimbang antara koalisi dan oposisi. Kalau Pemerintah lagi bagus dia puji, kalau tidak dia kritik,” kata dia, kepada wartawan.

Posisi yang demikian, kata Adi, merupakan ciri khas Demokrat. Politik ‘ada di tengah’ merupakan politik yang diambil oleh mantan Ketum Demokrat, SBY. “Itu posisi yang menjadi ciri khas Demokrat dan itu khas politik SBY. Dia berusaha untuk objektif dengan sikap politik,” jelas dia.

Namun demikian, Demokrat di tangan AHY, juga berhadapan dengan harapan masyarakat yang menginginkan kehadiran partai oposisi sejati dalam percaturan politik nasional. Dia menggambarkan, saat ini posisi pemegang tongkat komando oposisi sedang lowong. Setelah Gerindra bergabung ke Pemerintah.

(yt)

Baca juga  Jokowi Lambat Larang Mudik, Demokrat: Corona Sudah Menyebar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here