Peran Menhan Lebih Ditunggu Ketimbang BIN untuk Usir Virus Corona dari Indonesia

0
virus corona

Jumlah kasus positif corona jenis baru di Tanah Air bertambah. Kondisi sama terjadi untuk kasus kematian akibat virus corona jenis baru atau Covid-19. Virus mematikan ini masuk ke Indonesia pertama kali diketahui awal Maret (4/3) lalu.

Bermula dari dua orang terjangkit, hingga kini jumlahnya terus bertambah. Pemerintah tampak tidak siap menghadapi. Padahal, penyakit ini sudah lebih dulu menyerang Negara-negara lain namun terkesan menyepelekan.

Dengan 32 orang meninggal dan total 369 kasus positif, artinya kini angka kematian akibat corona ada di kisaran 11 persen. Wow! Jumlah yang tidak sedikit. Badan Intelijen Indonesia diberi tugas menyelidiki bahkan diminta menanggulangi virus asal Cina ini. Alhasil tidak banyak diperbuat oleh Budi Gunawan cs. Hanya prediksi yang disampaikan ke Presiden Joko Widodo. Prediksi puncak wabah ini terjadi nanti, pas awal bulan Ramadan.

Anehnya, BIN dilibatkan dalam mengatasi wabah ini. Namun tidak demikian dengan Menteri Pertahanan. Salah satu tugas pokok Menhan selain pertahanan Negara secara militer ada tugas lainya yaitu membantu Negara mengatasi serangan non militer seperti wabah yang dianggap sebagai pandemic global tersebut.

Artinya peranan Prabowo Subianto lebih ditunggu dibanding informasi dari BIN. Yang dibutuhkan masyarakat hari ini adalah bentuk nyata dalam memberantas virus corona. Karena virus ini nyata, bukan fiktif atau hoax. Nyata telah banyak merenggut nyawa orang. Ibarat dalam peperangan, wabah ini sudah merupakan senjata non fisik banyak memakan korban perlahan-lahan. Apa ini bukan merupakan tugas dari Menhan?

Negara selama ini terlena dengan serangan militer atau perang. Namun lupa akan antisipasi serangan wabah seperti corona. Yang diantisipasi selama ini bencana vulkanik dan tektonik serta nuklir. Pertahanan negara gak menghitung serangan wabah seperti ini. Kalau sampai katastrofi yang mampu menjebol pertahanan Negara.

Baca juga  Virus Corona, Wajarkah Perusahaan PHK Pekerja?

Terbukti seperti jumlah kematian yang disebutkan di atas bukti nyata dari dampak virus corona. Selain itu, Covid-19 telah mempengaruhi beberapa sektor penting, salah satunya ekonomi. Publik menunggu langkah pemerintah dalam mengatasi persoalan tersebut. Pada dasarnya pejabat tanah air terutama Presiden memiliti tanggung jawab atas persoalan ini dan diharapkan tidak ada pihak pemerintah. yang mengundurkan diri karena kondisi mewabahnya corona.

 

Oleh, Jhon Travolta

Pegiat masyarakat Madani Demokrasi Indonesia 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here