Publik Ragukan Langkah Preventif Pemerintah, Ma’ruf Amin Sebut Akan Ada Pemberlakukan Sertifikat Bebas Corona

0

PolitikToday – Pemerintah berencana akan memberlakukan sertifikasi bebas corona bagi tiap warga negara asing (WNA) maupun warga negara Indonesia dari luar negeri yang ingin masuk ke Indoneisa. Sertifikat ini, menurut Wapres Ma’ruf Amin, sebagai bagian pencegahan penyebaran virus corona di Indonesia.

“Bahkan mungkin juga kita akan menerapkan sertifikasi bebas corona, dan kita juga akan meneliti jejak perjalanan keman saja dia dan dari mana saja,” kata Ma’ruf di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (4/3).

Ma’ruf mengatakan, pemerintah juga akan melakukan pengetatan lalu lintas orang masuk maupun ke luar Indonesia. Pengetatan dilakukan di pintu-pintu masuk, baik itu jalur udara, laut, maupun darat.

“Pokoknya kita akan memperketat masuknya wisman atau juga WNI yang pulang dari luar negeri akan kita perketat. Itu saya kira,” katanya.

Selain upaya perketat pintu masuk ke Indonesia, Ma’ruf menyatakan pemerintah juga telah menyiapkan 135 rumah sakit rujukan bagi pasien positif virus corona di seluruh Indonesia. Rumah sakit itu diklaim sudah dilengkapi pelayanan kesehatan berstandar WHO untuk menangani virus corona.

“135 RS yang dilengkapi dengan kamar isolasi yang memenuhi standar atau protokol WHO, kalau terjadi apa-apa,” kata dia.

Sebelumnya sejumlah pihak mempertanyakan pengawasan di bandara terhadap orang-orang yang tiba datang ke Indonesia. Pengawasan terhadap lalu lalang orang dinilai masih sekadarnya, terutama ketika seorang WN Jepang asal Malaysia berkunjung ke Indonesia dan dinyatakan positif virus corona sekembalinya ke Malaysia.

(bs)

Baca juga  Pandemi Corona, Jubir Pemerintah : 600-700 Ribu Orang Berisiko Tertular

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here