Sinergisitas Ekonomi dan Kesehatan Jadi Prioritas Pemerintah

0

PolitikToday– Ketua Dewan Pakar PAN, Dradjad H. Wibowo mengatakan langkah kesehatan dan menangani wabah COVID-19 atau virus Corona, perlu menjadi prioritas yang tinggi. Jangan mempertentangkan kesehatan versus ekonomi.

“Karena, jika wabah meledak, otomatis ekonomi macet,” kata Dradja kepada wartawan.

Pemerintah, kata Dradjad, telah menerbitkan Inpres No 4/2020 tentang refocussing kegiatan, realokasi anggaran serta pengadaan barang dan jasa dalam rangka percepatan penanganan COVID-19. Inpres 20 Maret 2020 itu merupakan salah satu butir dari 9 langkah Presiden Jokowi untuk menyelamatkan ekonomi dari COVID-19.

“Itu semuanya perlu kita dukung karena memang dibutuhkan,” ujarnya.

Dradjad mengatakan belanja dan kegiatan kesehatan itu bisa dijadikan salah satu motor penyelamat ekonomi. Keuntungannya, lanjut Dradjad, belanja kesehatan meningkatkan peluang mencegah, minimal menekan wabah. Ringkasnya, kesehatan dan ekonomi bisa disinergikan.

Dradjad mencontohkan, dilihat dari sisi pelayanan medis. Jumlah ruang isolasi di Indonesia itu sangat sedikit. Bakal kewalahan menampung lonjakan pasien COVID-19.  Pemerintah sebaiknya menargetkan penyediaan 2500 atau bahkan 10000 ruang isolasi dalam waktu sekian pekan.

(yt)

Baca juga  Hensat: Gara-gara Kementerian Kesehatan, Jokowi Dianggap Tak Becus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here