Tak Ada Cara Lain Putus Wabah Virus Corona Selain Lockdown

0
pegawai telkom

PolitikToday–  Anggota Komisi VI DPR RI Putu Supadma Rudana meminta pemerintah pusat dan daerah segera melakukan lockdown. Menurutnya, kebijakan sosial distancing atau jaga jarak sosial yang diusulkan pemerintah berjalan kurang efektif.

“Masyarakat tetap keluar rumah dan justru malah menimbulkan keramaian yang mempermudah penyebaran virus di tempat umum ataupun sarana transportasi,” kata Putu kepada wartawan.

Dia mengatakan, masyarakat juga justru pergi berlibur setelah pemerintah memilih untuk meliburkan sekolah. Lanjutnya, sebagian perusahaan juga masih memperkerjakan karyawan mereka untuk datang ke kantor.

“Ini artinya pemerintah belum berhasil mengontrol masyarakatnya untuk melakukan ‘perang dengan corona’ sehingga saran saya segera lockdown,” katanya.

Putu meminta pemerintah untuk tidak memahami konsep penutupan akses secara berlebihan. wakil Ketua badan kerjasama antar-parlemen ini menjelaskan bahwa ada tiga kategori isolasi yaitu total, partial lockdown, dan local lockdown.

Dia mengatakan, ketiga kategori penutupan akses itu memiliki mekanisme berbeda. Total lockdown dialkukan dengan mengaktifkan aparat menjaga tiap sudut agar masyarakat tidak keluar rumah.

“Jika keluar rumah pun hanya untuk membeli kebutuhan kesehatan dan kebutuhan pokok, itupun sangat dibatasi jumlahnya perkeluarga,” katanya.

 

(yt)

Baca juga  Suksesnya Buzzer Istana Kelabui Rakyat, Rupiah Anjlok Gegara Virus Corona?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here