Terpapar Corona, Modal Asing Kabur Dari RI

0
IHSG

PolitikToday – Penyebaran virus corona (Covid-19) membuat kekhawatiran di pasar saham. Imbasnya, investor asing kabur melarikan modalnya ke aset-aset save haven seperti emas dan surat utang (obligasi).

Hal tersebut terlihat dari aksi jual investor asing belakangan ini. Mengutip RTI Infokom, investor asing tercatat jual bersih (net sell) di pasar reguler sebesar Rp7,41 trilliun sejak awal tahun (year to date/ytd).

Dilansir dari sumber lain, analis Sucor Securitas Hendriko Gani menuturkan pasar saham sempat mencatat beli bersih (net buy) pada awal tahun. Namun, sejak mencuatnya berita virus corona, secara perlahan investor mulai melepas kepemilikan investasinya di bursa saham Indonesia.

“Mulai besar (net sell) di awal Januari, tapi kadang investor masih net buy meskipun kecil. Lalu, net sell masih pada pertengahan Februari,” paparnya, Selasa (3/3).

Ia melanjutkan, sejak pertengahan Februari hingga perdagangan saat ini, investor asing hanya mencatat dua kali net buy. Pekan lalu, asing terpantau net sell di seluruh pasar sebesar Rp3,09 triliun. Pelaku pasar asing juga terpantau net sell di seluruh pasar sebesar Rp291,15 miliar pada perdagangan kemarin.

Hendriko memprediksi kondisi ini masih akan berlanjut hingga penyebaran virus corona mereda. Sayangnya, saat ini virus corona justru telah menjalar ke berbagai negara di luar China, termasuk Indonesia.

“Kalau sampai kapan kami kurang bisa memastikan, karena kondisi global juga kurang kondusif. Apalagi virus sudah kemana-mana, Indonesia juga sudah menyatakan temuan dua kasus,” ujarnya.

(bs)

Baca juga  Corona dan Demam Berdarah Mewabah, Demokrat: Apa Emergency Respon Plan Pemerintah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here