Waspada Corona, UI dan Pekerja di Jakarta Sepakat Selesaikan Tanggung Jawab Dari Rumah

0
masker corona

PolitikToday ­– Universitas Indonesia (UI)menerapkan kegiatan nelajatr di rumah sejalan dengan peningkatan angka pasien positif virus corona. Dalam surat edarannya, UI akan menerapkan kegiatan belajar dan mengajar dengan jarak jauh mulai 18 Maret 2020. Keputusan itu berlaku hingga akhir semester genap tahun ajaran 2019/2020.

Seluruh mahasiswa dianjurkan meninggalkan asrama UI maupun kos sekitarkampus dan kembali ke rumah orang tua atau keluarga masing-masing. Jika tidak memungkinkan, mahasiswa harus melaporkan diri ke pihak kampus.

Sementara itu, sebagian pekerja kantor di DKI Jakarta mendukung gagasan kerja jarak jauh guna menghindari peneyebaran virus corona.

Wuri, karyawan swasta di bilangan Simatupang, Jakarta Selatan mengatakan kerja jarak jauh dapat meminimalisasi kemungkinan penularan virus corona. Khususnya, kata dia, penularan virus corona di area rawan seperti transportasi publik, tempat publik, bahkan lingkungan kantor.

“Semakin sedikit kontak dengan banyak orang semakin berkurang resiko terkena virus, karena tidak semua orang aware (sadar) dengan kesehatan diri sendiri dan orang lain seperti masih banyak yang bersin dan batuk tidak ditutup atau meludah sembarangan,” ujarnya.

Karyawan swasta lainnya, Datu juga sepakat dengan ide kerja jarak jauh. Toh, beberapa perusahaan pada kota yang warganya positif terinfeksi virus corona telah memberlakukan hal tersebut.

“Setuju, karena dengan berkumpul akan mempermudah penyebaran virus,” ujarnya.

Menurut karyawan perusahaan properti ini, kerja dari jarak jauh dapat efektif asalkan disertai sistem pembagian tugas dan deadline yang jelas. Kecuali, pada beberapa sektor yang tidak dapat menerapkan sistem kerja jarak jauh seperti pabrik ataupun pelayanan publik.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta meminta kepada dunia usaha untuk mempersiapkan skenario kerja jarak jauh. Tujuannya, jika kondisi terburuk berlangsung pelaku usaha sudah siap dengan protokol tersebut.

Baca juga  Unfaedah Saat Ada Wabah Corona, Pengamat: Stafsus Milenial Jokowi Buang-Buang Uang Rakyat

(bs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here