WHO Tak Kaget Virus Corona Muncul Di Indonesia dan Perkirakan ‘Akan Muncul Kasus Lagi Dalam Beberapa Hari Mendatang’

0
corona virus

PolitikToday – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan tidak terkejut dengan pengumuman pemerintah Indonesia tentang kepastian dua kasus corona (covid-19). WHO meminta masyarakat Indonesia untuk tidak panik dan selalu menjaga kebersihan.

“Kami tak terkejut dengan pengumuman ini dan kami mengantisipasi munculnya kasus-kasus lagi di hari-hari ke depan ini. Deteksi dini kasus dan kepastian (hasil uji) laboratorium sangat penting,” kata perwakilan WHO untuk Indonesia, Dr N. Paranietharan, Senin (2/3).

Dia menjelasjkan, Covid-19 biasanya menyebabkan penyakit ringan. Namun, ada kemungkinan lebih besar infeksi berubah menjadi penyakit parah jika virus menyerang orang-orang di atas 60 tahun dan yang punya penyakit lain seperti diabetes  dan penyakit jantung.

Paranietharan menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan dengan cara lebih sering mencuci tangan dan menutup mulut dan hidung ketika batuk dan bersin.

Kemaren, Senin (2/3), pemerintah mengumumkan dua orang warga Depok, Jawa Barat, tinyatakan positif corona dan sedang menjalani perawatan di dalam ruang isolasi di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulainti Saroso, Jakarta.

Agus Dwi Sutanto, Ketua Pengurus Harian Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, mengatakan bahwa perkembangan ini harus ditanggapi dengan memperluas ruang gerak penelusuran orang yang telah berinteraksi dengan pasien yang positif terinfeksi demi meningkatkan efektivitias pendeteksian dan penanganan kasus.

“Tentunya saat ini harus ada revisi, atau perubahan, ketika sudah ada kasus di negara kita. SOP kemarin sebagian besar adalah kalau kasus-kasus itu orang-orang yang berasal dari luar negeri atau negara terjangkit,” kata Agus, Senin (02/03).

(bs)

Baca juga  Durasi Kampanye Pilkada 2020 di Media Ditambah Guna Hindari Massa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here