Jokowi Resmi Larang ASN dan Pegawai BUMN Mudik, Tapi Tidak Bagi Masyarakat Umum

0
darurat sipil

PolitikToday– Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi telah melarang aparatur sipil negara (ASN), pegawai BUMN dan anak usahanya, serta aparat TNI-Polri untuk mudik lebaran tahun ini. Namun, larangan serupa belum berlaku bagi masyarakat umum.

Bagi masyarakat umum, Presiden Jokowi hanya diberlakukan anjuran agar tidak mudik, bukan larangan yang mengikat. Jokowi menjelaskan alasan di balik belum ada larangan mudik bagi masyarakat umum.

Menurutnya, sampai saat ini pemerintah pusat masih mengkalkulasi dan mengevaluasi kondisi di lapangan. Jokowi mengidentifikasi ada dua kelompok masyarakat yang tak bisa begitu saja dilarang mudik.

“Pertama, warga yang terpaksa pulang kampung karena masalah ekonomi setelah diterapkan pembatasan sosial sehingga penghasilan mereka turun, tak ada pekerjaan dan penghasilan. Kedua, karena tradisi yang sudah puluhan tahun kita miliki di Indonesia,” jelas Jokowi dalam keterangan pers, Kamis (9/4).

Jokowi menambahkan, pembatasan mudik dan opsi larangan mudik bagi masyarakat umum baru akan diputuskan setelah pemerintah pusat rampung mengevaluasi berdasarkan data yang ada.

 

(yt)

Baca juga  Memilukan, Ojol: Kami Berharap Pemerintah Izinkan Untuk Mengangkut Penumpang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here