Ragukan PSBB, Waketum Gerindra Minta Jokowi Kembali Ke Rencana Darurat Sipil

0
Arief Poyuono

PolitikToday – Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Arief Poyuono, penerapan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tidak menampakkan keseriusan Presiden Jokowi dalam menangani pandemi virus corona. Padahal dampak virus telah menjalar ke perekonomian nasional, terutama kepercayaan pasar modal dan investor.

Arief menilai PSBB tidak akan efektif karena aturan pemerintah soal penanganan Covid-19 belum tentu diikuti oleh kepala daerah dan masyarakat. Karena itu dia meminta Presiden Joko Widodo mengambil langkah tegas menerapkan darurat sipil seperti yang pernah diwacanakan. Dengan penerapan itu, Arief yakin stabilitas akan tercipta.

“Darurat sipil yang paling tepat untuk memulihkan kepercayaan pasar dan menciptakan kedisplinan sosial untuk menanggulangi Covid-19,” tuturnya, Kamis (2/4/2020).

Menurut Arief, darurat kesehatan tidak tepat. Sebab penerapan itu hanya cocok untuk penyakit yang tidak berdampak masif terhadap hubungan sosial antar masyarakat, sehingga tidak punya dampak terhadap perekonomian nasional.

“Wong ini wabah penyakitnya sudah status pandemik dan berdampak terhadap perekonomian nasional dan masalah sosial di masyarakat kok,” sindirnya.
Untuk itu, dia mendesak Jokowi untuk kembali pada awal wacana menerapkan darurat sipil.

“Segera Joko Widodo berlakukan darurat sipil dan kendali operasi darurat sipil diserahkan ke TNI,” pungkasnya.

(rt)

Baca juga  Politisi Gerindra Sebut Target Kemiskinan 0 Persen Sebatas Bualan Jokowi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here