Warga Rebutan Sembako Jokowi di Bogor, Ini Klarifikasi Istana

0
darurat sipil

PolitikToday- Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjelaskan bahwa Presiden Jokowi tidak membagikan sembako pada Sabtu (11/4) malam di Bogor, Jawa Barat.

“Tidak ada kegiatan pembagian paket sembako oleh Presiden pada Sabtu malam di bogor,” katanya melalui keterangan pers, Minggu (12/4).

Hal ini merespon atas video yang beredar di media sosial. Dalam video yang kemudian viral itu, warga Bogor terlihat berjalan kaki menuju Istana Kepresidenan Bogor.

Beberapa unggahan melihat warga berbondong datang ke Istana untuk menerima paket sembako yang kabarnya akan dibagikan Jokowi. Beberapa warganet kemudian mengkritik cara Jokowi tersebut karena warga justru diminta untuk menjaga jarak atau physical distancing untuk memutus penularan virus corona di Indonesia.

Namun, hal tersebut tidak benar menurut Bey. Ia mengklaim kegiatan pemberian sembako dilakukan pada malam sebelumnya, Jumat (10/4) di Istana Kepresidenan. Kemudian beredar informasi tidak resmi yang mengatakan Jokowi akan kembali membagikan paket sembako di malam berikutnya.

“Kemungkinan karena malam sebelumnya ada pembagian sembako. Masyarakat mengira akan ada lagi pembagian sehingga mereka berbondong-bondong ke Istana Kepresiden Bogor,” terang Bey.

Pada akhirnya masyarakat yang sudah berbondong datang ke istana diminta kembali ke rumah masing-masing oleh Pasukan Pengamanan Presiden, Komando Resor Militer 061 dan Polresta Bogor Kota.

Bey pun mengatakan pihaknya bakal mengevaluasi tata cara pembagian sembako agar mengutamakan jarak dan menghindari kerumunan.

(hz)

Baca juga  MPR RI: Jokowi Lempar Wacana Hukuman Mati Koruptor, Sekedar Tes Ombak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here