Pakar Hukum Tata Negara Irman Putra Sidin Sebut Negara Tiarap Hadapi Covid-19

0
irman putra sidin

PolitikToday – Pandemi Covid-19 yang telah memukul Indonesia dalam kurun waktu tiga bulan ke belakang telah berdampak keberbagai sektor. Menanggapi hal tersebut, Pakar Hukum Tata Negara Irman Putra Sidin, menilai pemerintah Indonesia dalam rentang waktu tersebut tiarap menghadapi Covid-19 lantaran menempuh jalan kebijakan new normal (kenormalan baru).

“Hampir 3 bulan sudah negara tiarap menghadapi serangan Covid-19,” ujarnya, Sabtu (30/5).

Menurutnya, ada hal penting yang mesti diperhatikan negara yakni menjamin perlindungan bagi masyarakat. Salah satunya yakni dengan memberikan perlindungan kepada masyarakat yang kehilangan pekerjaaan akibat pandemi Covid-19 ini.

“Jikalau disuruh pilih bangkit atau tetap tiarap di tengah ketidakpastian Covid-19, maka negara harus memilih bangkit,” ujar Irmanputra Sidin.

“Karena ada hak lain warga negara yang harus diperhatikan diantaranya; warganegara yang kehilangan pekerjaaan/penghasilan termasuk pekerja informal yaitu hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan seperti tertuang dalam Pasal 27 Ayat 2, dan Pasal 28 Ayat 1-4 UUD 1945,” sebutnya menambahkan.

(bs)

Baca juga  Kebijakan Darurat Sipil Jokowi Melawan Covid-19, Aktifis Muda Muhammadiyah: Tidak Layak Diadakan Darurat Sipil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here