Dede Yusuf Minta ke Nadiem: Buat Aplikasi Belajar Online Agar Data Tak Bocor

0
Anggota DPR RI Komisi X dari Fraksi Partai Demokrat Dede Yusuf Macan Effendi
Anggota DPR RI Komisi X dari Fraksi Partai Demokrat, Dede Yusuf Macan Effendi.

PolitikToday- Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf mendesak Kemendikbud membuat aplikasi yang serupa dengan Zoom sebagai media PJJ untuk guru dan siswa. Ia mengusulkan aplikasi tersebut dibuat Pustekkom sehingga kewenangannya sepenuhnya di bawah Kemendikbud.

“Alangkah baiknya Kemendikbud yang akan melakukan kegiatan sampai 6 bulan ke depan harusnya punya aplikasi sendiri, lokal, server di Indonesia sehingga data enggak bocor,” kata Dede dalam raker bersama Mendikbud Nadiem Makarim, Senin (22/6).

“Bagusnya Pustekkom yang buat aplikasi seperti ini dan digunakan di seluruh Indonesia dalam kewenangan Kemendikbud,” terangnya.

Anggota Fraksi Partai Demokrat ini juga meminta Kemendikbud membentuk kebijakan relaksasi nilai. Usulan ini didasarkan karena selama PJJ, tidak ada guru yang dapat mengawasi siswa ketika belajar, apalagi ketika ujian sedang berlangsung.

“Saya mohon tolong juga bikin kebijakan relaksasi nilai. Jadi siswa jangan dipaksa dapat nilai yang bagus, karena saya khawatir dengan sistem PJJ, siswa-siswa kita pun belajar siapa yang melakukan pengawasan? Siapa yang mengawasi mereka di rumah?” tuturnya.

Selain itu, dia juga meminta Kemendikbud memperhatikan siswa-siswa SMK, khususnya yang berada di daerah. Karena SMK dalam pembelajarannya banyak yang berbasis pada praktek, perlu dipertimbangkan lagi terkait program belajar SMK.

“Gimana dengan SMK yang wilayahnya enggak ada industri? (Sehingga) apabila melakukan pembelajaran (akan) sia-sia. Harus diperhatikan benar-benar mana SMK yang akan melakukan 4 tahun dan mana yang enggak perlu 4 tahun. Ini konteksnya adalah diperhatikan soal kebijakan,” ujarnya.

(hz)

Baca juga  Menteri Nadiem Out of The Box?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here