Isu Reshuffle di Balik Marah Jokowi, Pengamat: Banyak Menteri One Man Show

0
jokowi
Presiden Joko Widodo

PolitikToday- Kemarahan Presiden Joko Widodo terhadap kinerja para menterinya dalam penanganan Covid-19 ditayangkan ke publik. Sinyal rombak kabinet bahkan pembubaran lembaga turut mengemuka.

Video rekaman yang memperlihatkan kejengkelan Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna, 18 Juni diunggah Sekretariat Presiden di Youtube.

Dalam video tersebut Jokowi mengatakan dalam tiga bulan terakhir yang merupakan masa krisis akibat pandemi Virus Corona (Covid-19), masih ada anggota kabinet yang bekerja tidak optimal.

“Bisa saja membubarkan lembaga, bisa saja reshuffle. Sudah kepikiran kemana-mana saya. Kalau suasana ini bapak ibu tidak merasakan itu, sudah, artinya tindakan-tindakan yang keras akan saya lakukan,” kata Jokowi dalam rekaman video.

Direktur Eksekutif Political and Public Studies Jerry Massie menilai kemarahan Jokowi wajar karena sejak awal penanganan Covid-19 publik sudah mengkritik kinerja sejumlah menteri.

Indikatornya jelas; tak mengikuti arahan Presiden, tak bekerja dalam tim, ingin menonjol sendiri, hingga mengambil alih kewenangan pihak lain.

“Persoalannya banyak menteri jalan sendiri-sendiri, tak mau ikut arahan Jokowi. Ada Pula yang one man show,” kata Jerry, Minggu (28/6).

“Ada beberapa juga menteri yang membuat kebijakan bertabrakan satu sama lain. Belum lagi bukan ranah dan domain kementeriannya justru di-take over. Inilah yang membuat presiden berang dan geram,” lanjut dia.

Senada, Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin menyatakan reshuffle kabinet dalam waktu dekat adalah sebuah keniscayaan karena kerja buruk sejumlah menteri.

Reshuffle itu suatu keniscayaan. Karena banyak menteri yang dianggap tak berprestasi dan dianggap memble kinerjanya saat wabah corona menyerang. Terlihat banyak menteri yang gagap menyelesaikan persoalan corona,” kata dia, Minggu (28/6) malam.

Menurut Ujang, para menteri malah lebih sering silang pendapat dengan presiden maupun menteri lain terkait penanganan Covid-19.

Baca juga  Jokowi Resmi Larang ASN dan Pegawai BUMN Mudik, Tapi Tidak Bagi Masyarakat Umum

Termasuk menurut Ujang tumpang tindih aturan dan kebijakan antar para menteri dalam tiga bulan terakhir.

(hz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here