Chatib Basri Desak Presiden Jokowi Kasih BLT Rp 1 Juta Per Keluarga

0
Ekonom Chatib Basri
PolitikToday- Ekonom senior Chatib Basri mendesak Jokowi untuk memperluas cakupan bantuan sosial kepada masyarakat yang terkena dampak pandemi Virus Corona atau Covid-19.
Salah satu yang disuarakan adalah pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 1 juta per keluarga.
“BLT coverage-nya jangan hanya yang miskin harus bisa diperluas dan nilai nya Rp 1 juta,” katanya dalam sebuah diskusi bertajuk Mid-Year Economic Outlook 2020, Selasa (28/7/2020).
Perluasan cakupan bantuan ini dipandang perlu dilakukan. Karena menurutnya, pembagian bantuan berupa sembako tidak merata. Apalagi, praktik pemberian sembako di lapangan kerap mengalami kendala dan kurang tepat sasaran.
Maka dari itu, dia mengusulkan agar pemerintah memberikan bantuan dalam bentuk cash saja, karena dinilai lebih praktis dan fleksibel.
“Kenapa saat pesta perkawinan dikasih uang? Karena yang paling gampang cash transfer,” jelas Dosen yang masih mengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI).
Mantan Menteri Keuangan tahun 2013-2014 ini ini menilai paket bantuan BLT merupakan yang paling ampuh untuk memulihkan perekonomian dibandingkan dengan sembako.
Mantan Kepala BKPM ini juga menuturkan, satu-satunya cara agar roda perekonomian berputar adalah dengan menggenjot belanja, dengan adanya perputaran uang di masyarakat roda perekonomian juga akan ikut berputar dengan sendirinya.
Saat ini dia bilang masyarakat tidak berbelanja karena tidak memiliki uang cash akibat pendapatan masyarakat turun.
Ekonom jebolan FE UI ini pun menyarankan pemerintah agar memperluas penerima BLT, yang tidak hanya menyasar kelas bawah saja, tetapi juga kelas menengah.
Chatib menyebut saat ini jumlah golongan menengah ke bawah di Indonesia sekitar 115 juta orang atau 30 juta rumah tangga. Jika mendapatkan Rp 1 juta per bulan, maka dana yang perlu disiapkan adalah Rp 30 triliun per bulan atau Rp 120 triliun untuk empat bulan.
Sebelumnya, Kementerian Sosial (Kemensos) sudah menyalurkan jutaan paket sembako kepada masyarakat yang terkena dampak pandemi, paket tersebut berupa beras, mie instan, sarden hingga masker kepada masyarakat.
(hz)
Baca juga  Defisit Empati Menko PMK Sebut Besanan Sesama Keluarga Miskin Lahirkan Keluarga Miskin Baru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here