Rieke Dicopot dari Jabatan Ketua Baleg Demi Selamatkan PDIP

0
hasto dan rieke

PolitikToday– Dicopotnya politikus PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka dari kursi bergengsi ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR menimbulkan banyak pertanyaan. Muncul kecurigaan soal terjadinya friksi di partai berlambang banteng bermoncong putih itu.

Kepala Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Firman Noor menilai, ada konteks besar yang menjadi dasar keputusan PDIP merotasi Rieke. “Kalau sepintas tampaknya hanya bergantian biasa, tapi ini persoalan yang tidak sederhana mengingat posisi Rieke yang sebetulnya penting jadi tidak semudah itu tanpa alasan penting (dicopot),” kata Firman.

Firman menyebut, ada kubu di PDIP yang ingin menyelamatkan partai akibat ulah Rieke yang mendesak RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Sedangkan, kubu lainnya sempat ngotot merealisasikan RUU HIP, termasuk Rieke.

“Ini bagian dari upaya penyelamatan citra partai, tapi di sisi lain ini terkait konstelasi internal PDIP,” ujar Firman. Ia merasa ada riak-riak perpecahan di internal PDIP karena pemaksaan RUU HIP.

(yt)

Baca juga  Jokowi Tidak Masalah Yasonna Masuk Tim Hukum PDIP Lawan KPK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here