Serikat Guru Sebut Kebijakan Menteri Nadiem Tidak Original

0
nadiem makarim
Mendikbud Nadiem Makarim

PolitikToday – Kemendikbud dalam hal ini Menteri Nadiem Makarim menggunakan istilah ‘Merdeka Belajar’. Kebijakan ini dinilai tidak original karena merupakan merek dagang sebuah perusahaan pendidikan swasta nasional.

Wasekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Satriwan Salim, mengatakan, dengan Kemendikbud menggunakan istilah Merdeka Belajar yang dimiliki oleh perusahaan tertentu, menjadi bukti bahwa Kemendikbud tidak kreatif.

Diketahui, ‘Merdeka Belajar’ ternyata adalah nama merek dagang yang telah dimiliki perusahaan yang juga bergerak di bidang pendidikan sejak 2015. Dengan fakta ini, Satriwan Salim mengaku sangat khawatir.

“Di sekolah, di buku panduan dan seterusnya, kita euforia dengan istilah Merdeka Belajar. Singkat cerita, kita dapat info dari beberapa kawan adanya istilah Merdeka Belajar dalam konteks perusahaan. Saya kaget juga,” katanya dalam acara daring yang diadakan oleh VOX Point Indonesia, Jumat (10/7).

Menurut Satriwan, meskipun saat ini pemilik merek resmi saat ini tidak menuntut royalti, tetapi bisa saja ke depannya keadaan ini akan berubah dan merugikan pendidikan nasional.

“Jangan sampai seolah-olah negara dalam hal ini menggunakan idiom yang sudah dipakai oleh perusahaan. Kan sama saja dengan mempopulerkan perusahaan tersebut,” tandasnya.

(bs)

Baca juga  Bikin Jutaan Rakyat Menderita, Adhie Massardi: Sri Mulyani dan Agus Suparmanto Kapan Digunduli?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here