Soal Reshuffle Kabinet, Pengamat Nilai Jokowi Masih Tarik Ulur Waktu

0

PolitikToday–  Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah membuka sendiri wacana kocok ulang atau reshuffle secara lugas tersurat dalam rapat kabinet yang digelar 18 Juni lalu.

Kala itu, Jokowi menyatakan kekecewaannya terhadap kinerja para menteri Kabinet Indonesia Maju. Ia menilai kinerja para menteri biasa-biasa saja, padahal saat ini Indonesia tengah menghadapi pandemi virus corona (Covid-19).

“Bisa saja membubarkan lembaga, bisa saja reshuffle, sudah kepikiran ke mana-mana saya. Entah buat Perppu yang lebih penting lagi, kalau memang diperlukan,” kata Jokowi saat itu.

Belum cukup, Jokowi kembali menyentil kinerja para menteri dalam rapat terbatas soal serapan anggaran pada 7 Juli lalu.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyindir para menteri yang terlihat seperti menjalani cuti saat Work from Home (WFH) atau kerja dari rumah selama tiga bulan terakhir.

“Saya minta kita miliki sense of crisis yang sama. Jangan sampai tiga bulan lalu kita sampaikan kerja dari rumah, work from home, yang saya lihat ini kayak cuti malahan,” ujar Jokowi.

Dua kali sudah Jokowi secara lugas tersurat menegur para pembantunya, namun sampai saat ini belum terlihat langkah lanjutan dari sang kepala pemerintahan itu ihwal ancaman reshuffle.

Menyikapi itu, Pengamat politik sekaligus peneliti Indonesian Public Institute Karyono Wibowo mengatakan langkah reshuffle yang dilakukan Jokowi sebenarnya hanya menunggu waktu saja.

Apalagi, saat ini Kabinet Indonesia Maju baru bekerja selama sembilan bulan. Biasanya atau idealnya, kata Karyono, reshuffle akan dilakukan saat sudah satu tahun bekerja.

Meskipun, keputusan reshuffle memang merupakan bagian dari hak prerogatif Jokowi sebagai seorang presiden, Karyono melihat ada faktor lain juga untuk ‘pemukulan gong’-nya.

“Masih ada tarik menarik [kepentingan] soal reshuffle, tetapi saya yakin bahwa presiden Jokowi akan melalukan reshuffle. Ini persoalan waktu saja,” ucap Karyono.

Baca juga  Moeldoko Bela Presiden Soal Evaluasi Kinerja Menteri: Itu Hak Jokowi

(yt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here