Bos Pertamina Kelagapan Ditanya Soal Kerugian 11 Trilun Rupiah

0

PolitikToday– Direktur Utama PT Pertamina Persero Nicke Widyawati dicecar soal kerugian Rp 11,28 triliun pada semester I tahun 2020, saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VIII DPR RI pada Senin (31/8).

Wakil Ketua Komisi VII DPR Ramson Siagian selaku pimpinan Rapat yang mengakomodir pertanyaan dari para anggota Komisi VII, meminta Dirut Pertamina Nicke Widyawati dan jajaran untuk menjelaskan penyebab kerugian senilai Rp 11 triliun di perusahaan plat merah sektor minyak itu.

“Oke Bu Dirut, tadi semua sudah sepakat soal kerugian Rp 11 triliun. Setelah itu baru pendalaman. Silahkan Bu Dirut,” kata Ramson Siagian diruang rapat, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta.

Lantas Nicke pun berusaha menjawab pertanyaan dari Komisi VII DPR RI tersebut. Namun, Nicke mempersilahkan kepada jajarannya yakni Direktur Keuangan PR Pertamina, Emma Sri Martini untuk menjelaskan terkait kerugian tersebut.

“Yang terakhir mungkin ditayangkan mengenai agenda yang tadi kita sudah siapkan. Bu Emma mau menjelaskan, silahkan,” ucap Nicke.

Kemudian Emma pun menjelaskan secara garis besar terdapat tiga faktor utama yang dianggap menjadi faktor penyebab kerugian PT Pertamina di Smester I tahun 2020. Pertama, mengenai laporan laba rugi atau PNL (Profit and Loss) yang terdampak akibat pandemik Covid-19.

Kedua, sedikit banyaknya dipengaruhi oleh nilai tukar rupiah yang mengalami fluktuasi akibat Covid-19. Ketiga, terkait harga minyak mentah Indonesia atau ICP yang juga terdampak Covid-19 dan kurs rupiah yang fluktuatif.

Emma menambahkan, kerugian yang dialami PT Pertamina cenderung lebih untung ketimbang NOC (National Olil Corporation) atau IOC (International Oil Corporation) didunia yang juga terdampak Covid-19.

“Kalau dilihat memang semua NOC dan IOC itu mengalami kerugian yang sangat tajam di semester I. Jadi, meskipun Pertamina di semester I mengalami kerugian, sebetulnya  dari komparasinya dengan NOC dan IOC lain memang semuanya terdampak tidak ada satu institusi NOC atau IOC lain yang tidak terdampak karena Covid-19,” ucapnya.

Baca juga  Dipo Alam Pertanyakan Kebijakan Cashback Ahok: Mau Nolong Rakyat atau Nolong Perusahaan Ojol

(YT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here