Faisal Basri Kritik Penanganan Covid-19: Virus Bukan Hantu

0
faisal basri
Ekonom Faisal Basri

PolitikToday- Ekonom senior Faisal Basri menyebutkan, potensi krisis yang terjadi di Indonesia saat ini berawal dari masalah kesalahan kebijakan penanganan kesehatan. Potensi krisis ekonomi di Indonesia berasal dari melihat tren peningkatan kasus virus corona baru (Covid-19) yang berimbas pada stabilitas ekonomi.

Menurut Faisal, seharusnya pemerintah melakukan priorotas pertama kali adalah menuntaskan masalah kesehatan dan keselamatan warga.

Ia mengkritik tajam strategi pemulihan ekonomi sebagai langkah pemerintah dalam penanganan wabah Covid-19. Apalagi kompsosisi anggaran penanganan Covid-19 lebih besar untuk pemulihan ekonomi ketimbang penangann sektor kesehatannya.

“Strategi menjinakkan virus tak kunjung ada, sekadar strategi testing dan contact tracing saja tak ada. Mau berharap apa lagi?” tulis Faisal Basri dalam akun Twitter pribadi, Minggu (2/8).

Faisal Basri menamsilkan apa yang dilakukan pemerintah itu seperti sebuah kerajaan yang diserang musuh dari segala penjuru, tapi yang dilakukan sebatas membersihkan puing-puing.

Dalam analisa Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) ini, tidak ada langkah untuk memburu dan menaklukkan para penyerang.

Dirinya tegas menyatakan bahwa virus bukan hantu yang benar-benar tidak terlihat. Virus merupakan makhluk hidup yang wujud.

“Virus bukan hantu. Sosoknya jelas ada. Cara mengetahuinya dengan testing,” demikian Faisal Basri.

(hz)

Baca juga  Kata SBY Vaksin Jangan Diutamakan Perlombaanya, Tapi Distribusinya Tidak Adil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here